Experiments in a chemistry lab. conducting an experiment in the laboratory with humen hands

Setelah beberapa waktu lalu kami keliling – keliling di saham Sektor manufactur Chemical . Kami tertarik untuk membahas saham perusahaan ini . Perusahaan yang memiliki begitu bayak fasilitas produksi bahkan sampai ada yang di luar negeri.

Kami melihat dengan terjadinya pandemic covid-19 ada potensi besar peningkatan permintaan terhadap Speciality Resin . Produk ini berguna untuk menghasilkan sebuah lapisan yang tahan air atau sebagai bahan campuran. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan terjadinya pandemi ini mau tidak mau kita semua harus bisa menerima dan hidup berdampingan dengan virus nakal ini.

Perusahaan ini adalah PT Tridomain Performance Material Tbk . Perusahaan yang berfokus menjadi produsen bahan Raw Material berkualitas di Indonesia . PT Tridomain merupakan salah satu pemain di Pasar Resin di Indonesia maupun Global . Pada debut IPO di tahun 2018 PT Tridomain melakukan ekspansi kapasitas produksi baru.

Resin Berperan dalam Industri

Setelah kami melakukan Googling terhadap produk resin yang dimaksud . Kami baru sadar bahwa pangsa pasar resin di Indonesia sangat baik. Terbukti bahwa banyak sekali perusahaan yang mengguanakan fasilitas Clean Room atau bisa di sebut ruang steril . Fungsi utama resin adalah menjadi bahan Finishing dalam membangun sebuah ruangan bersih .

Resin berguna untuk menjadi pelapis lantai beton dalam dunia Industri . Kelebihan utama adalah Lantai yang dilapisi Resin Epoxy adalah tidak mudal selip ( Licin ) . Sehingga banyak perusahaan yang menjadikan bahan ini sebagai requirment dalam pembuatan fasilitas produksinya .

COVID-19 Bisa menjadi Peluang

Penerapan hidup sehat dan adaptasi kebiasaan baru bisa menjadi peluang di pasar resin seperti ini . Dahulunya tempat – tempat yang belum finishing akan sesegera mungkin untuk di lakukan finishing . Tuntutan untuk hidup bersih dan menjaga kebersihan bisa memberikan peluang baik terhadap Epoxy Resin .

Tempat – tempat terntentu pasti banyak yang akan menggunakan produk Epoxy Resin sebagai pelapis bagian permukaannya . Dengan tujuan agar permukaan tersebut bisa ditutupi dengan baik dan memudahkan dalam melakukan sterilisasi .

Berdasarkan research Stratistics MR mereka memperkirakan bahwa pertumbuhan pasar resin di 2026 akan mencapai 7,1% CAGR . Dengan kontribusi pasar besar berada di ASIA PASIFIC .

BACA JUGA : Terkuak Saham yang Layak Dikoleksi Di Masa COVID-19

pertumbuhan kegiatan kontruksi menjadi penyeimbang permintaan di pasar resin ini. Berdasarkan data tersebut wilayah yang akan berpotensi menyumbangkan permintaan global secara besar adalah India , China , Indonesia , Jepang dan Korea Selatan . 

Kenapa tidak , India menjadi salah satu negara dengan industri yang tinggi juga . Lalu China menjadi salah satu negara produsen barang Raw Finish Good terbesar. Indonesia memiliki kawasan – kawasan industri yang cukup besar . Lalu Jepang & Korea menjadi negara dengan industri yang cukup besar juga.

Ini lah kenapa kami memutuskan untuk melakukan pendekatan review terhadap peluang pasar yang dimiliki oleh PT Tridomain Performance Material . Walaupun bukan hanya perusahaan ini saja yang menjadi pemain di pasar . Namun kami yakin emiten yang berkode TDPM ini bisa berkontribusi dan masuk sebagai partisipasi besar di Pasar Domestik maupun Internasional .

Ekspansi TDPM Menambah Peluang 

Peluang yang ada terus di manfaatkan oleh perusahaan baru IPO ini . Ekspansi dengan menambah fasilitias Produksi Specialty Resin menambah daya tarik kami terhadap perusahaan ini .

Keadaan keuangan yang cukup baik serta fasilitas produksi yang kuat . Menjadi Modal TDPM untuk terus berpartsipasi kedalam pasar ini . Dari keterangan perusahaan mereka juga menjelaskan bahwa Group holding mereka akan melakukan ekspansi perusahaan di negara Thailand dan Malaysia . 

jadi sejauh ini walaupun sahamnya dan kapitalisasi pasarnya tidak sebagus Saham – Saham LQ45. Tridomain bisa menjadi salah satu pilihan saham di sektor Second Liner . Karena peluang bisnis yang dibawanya bisa bertahan hingga bertahun – tahun bahkan bisa menjadi bisnis yang sangat dibutuhkan .

Fundamental Growth Bagus

Yang pasti Dan yang paling utam adalah kinerja perusahaan ini harus dalam keadaan yang baik. Cermin tata kelola dan perusahaan yang baika dalah kinerja keuangan perusahaan berada di Kategori Cukup Bagus . Berdasarkan hasil Forecast kami Fair Value saham TDPM ini berada di Angka Rp 250 / Lembarnya .

Bagi kalian yang ingin melakukan cross check terhadap perusahaan ini silahkan cari di Search engine Google atau pihak terkait . Karena di sesi ini kami tidak membawakan flash back event untuk kenalan bareng perusahaan ini .

Beradasarkan laporan keuangan tahunan perusahaan yang kami dapatkan dari IPOTSTOCK . Kami menggunakan data 2014 sampai dengan 2019 bahwa Laba Bersih perusahaan sudah tumbuh 327,6% sampai sekarang .  Ditambah pertumbuhan Revenue ( Sales ) sejak 2014 sampai sekarang adalah 126,32%.

Dalam jangka pendek atau menengah mungkin berinvestasi di saham ini akan menimbulkan ketidak puasan . Karena sifatnya perusahaan sedan melakukan pengembangan usaha . Sehingga efek atas keberhasilan dari usaha ini akan terasa jika sudah beberapa tahun berjalan . Terutama hasil ekspansi yang didapatkan dari Penjualan Saham di Bursa Efek Indonesia .

Aku Harus Apa 

Setelah kami melakukan beberpa ulasan di sesi Review perusahaan ini . Kami harap kalian bisa mempertimbangkan dan melakukan analisa lanjutan terhadap saham TDPM ini . Terus perhatikan unsur – unsur pendukung keputusan berinvestasi di saham ini . Jangan jadikan artikel ini sebagai target namun jadikan sebuah insight informasi yang baik bagi kegitan investasi kita. Lakukan keputusan investasi dengan masing – masing individu yang ada.

Salam Cuan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.