Beberapa waktu kita mungkin mendengar mengenai perang dagang . Belakangan ini yang lagi santer di boomingkan adalah perang dagang antara negara pemasok CPO dengan pihak UNI Eropa . Selain itu ada berita mengenai Perang dagang antara Australia dengan China mengenai komoditas Batubara.

Kemungkinan untuk merosotnya harga batubara bisa saha terjadi. dalam tahun berjalan ini saja . Harga batubara sudah terkoreksi sebesar 8,3% . Negara terbesar sebagai pengimport batubara adalah China. Mereka melakukan Import batubara berkalori tinggi untuk menghidupkan generator listrik mereka. Namun proyeksi pertumbuhan ekonomi yang di pangkas oleh mereka. Bisa membawa efek buruk bagi komoditas batubara sendiri.




China memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi mereka dari 6,5% menjadi 6,5 – 5 % . Keadaan ekonomi dunia yang belum pasti menjadikan beberapa negara besar memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi mereka. Dibatasinya import Batubara dari australia memang menjadi angin segara bagi produsen dalam negeri, Karena banyak yang memperkirakan bahwa pasokan batubara dari indonesia belum cukup memenuhi kebutuhan negara China .

Namun hal itu mungkin masih memberikan sinyal tunggu, Karena revisi proyeksi ekonomi dan beberapa faktor lainnya.

Sumber : CNBC Indonesia ( Mungkin Memiliki Copyright )

Dilihat dari pergerakan harga Batubara Newcastle kontrak berjangka . Harga batubara bergerak melemah setelah menyentuh level tertingginya di kisaran 100$ . Dari indikator MACD pun harga batubara ini mengalami penurunan yang berangsur – angsur menurun . Ini yang menjadikan beberapa saham – saham batubara di Bursa Indonesia menguat dalam beberapa waktu lalu.

Namun walaupun ada pelemahan harga batubara kalori tinggi . ada peluang bagi para produsen batu bara di dalam negeri. PT PLN ( Persero ) akan meningkatkan kapasitas PLTU ( Pembangkit Listrik Tenaga Uap ) dalam kurun waktu 10 tahun kedepan. Walaupun peningkatan akan terjadi dengan rentan 10 tahun kedepan. Ini berarti belum bisa memberikan efek yang besar terhadap perusahaan – perusahaan mining yang sudah beroprasi. Rencana penambahan kapasitas listrik 56,4 GW . Dimana sebanyak 48% menjadi jatah PLTU yang dimiliki oleh PT PLN Persero.

Walaupun beberapa produsen melakukan pemangkasan produksi batubara. Aksi ini belum berdampak terhadap kenaikan batubara . Beberapa analis ada yang memproyeksikan bahwa tahun ini Batubara akan megalami pelemahan.




Jika teman – teman ingin berinvestasi di sektor mining ini . Kami sendiri hanyak bisa memberikan Rekomendasi Neutral dimana kami masih melakukan waiting terhadap kebijakan – kebijakan negara pengimport batubara di beberapa negara. Saham – saham Seperti ADRO , INDY , PTBA , ITMG dll bisa dilakukan untuk SOS atau Neutral sembari menunggu kabar ekonomi terbaru.

 

artikel ini adalah artikel yang tidak terafiliasi oleh pihak manapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.