Malam – Malam enaknya bahas saham Unilever nih . Sebelumnya kami kami pernah mereview saham Unilever ini sebelum melaksanakan Stock split. Perusahaan Produsen kebutuhan sehari – hari ini sebenarnya memiliki potensi bisnis yang cukup menjanjikan.

Sistem produksi Mass Production adalah kelebihan dari perusahana ini . Fasilitas produksi yang cukup besar bisa terus mensupport kebutuhan pasar yang sudah ada saat ini . Oh disini saya tidak akan berlama – lama membahas saham Consumer yang satu ini .

Karena kemarin kami sudah membahas mengenai Saham UNVR dimana memang Investasi di Perusahaan ini sangat layak dari segi bisnis dan Potensi kedepannya. Yang belum baca silahkan kalian baca dulu Artikel tersebut.

Baca Juga : Stock Split , Apakah Saham UNVR Layak Untuk Dibeli Retail ?

Semenjak Stock Split banyak harapan bahwa harga saham ini untuk melambung menuju Rp 9000 atau Rp 10.000. Dan banyak yang bertanya mengenai Dimana waktu terbaik disaat membeli saham ini . Kami menjawab “Beli saja sebelum Stock Split Lalu Jual Ketika Stock Split sudah terlaksana ” . 

Banyak dari teman – teman yang sudah membeli saham ini belum menjualnya dikarenakan Overconfidence terhadap harga yang akan di capainya. Sebenarnya kami sudah memperhitungkan bagaimana peta perjalanan Saham ini kedepannya.

Kami sudah memperkirakan berdasarkan Euforia dan posisi bandar kala itu. Melihat bahwa sebelum stock split saham UNVR hanyak di isi oleh kalangan Institusi. Kami memperkirakan posisi bandar dikala itu sedang ingin melakukan pengurangan barang. Dan ini bertepatan dengan event Stock Split yang dilakukan oleh perusahaan .

Rentan pergerakan saham tersebut seingat kami adalah 39.000 – 42.000 . Dimana memang ada kecenderungan harga UNVR untuk tidak di naikan terlalu tinggi . Karena target harga untuk Stocksplit ada di kisaran Rp 8000 ~ Rp 9000 per lembarnya.

Because pasti teman – teman tau dong . Sejak berita bahwa PT Unilever Tbk akan melakukan Stocksplit . banyak rekan – rekan saya yang melakukan pembahasan terhadap saham ini. Dan alhasil saya hanya menjadi silent reader dan memantau bagaimana niatan dan ketertarikan mereka terhadap saham ini .

Dan ternyata wow ini sangat di luar ekspektasi kami. Karena banyak dari mereka mengalokasikan dananya untuk membeli saham UNVR ini ketika sudah stock Split. Ini sunggu Overconfidence yang sangat luar biasa. Lalu bagaimana kelanjutan saham UNVR Ini jika di tinjau secara teknikal ?.

DAILY CHART UNVR BEARISH ?

Disini kami akan mencoba menggunakan Lagging indicator. Dimana kami akan menggunakan Short Moving Average 5 10 , 30 , 100 , 200 Untuk mengetahui kondisi dalam jangka pendek dan panjang saham ini .

Source : Investing Charting System Powered By TradigView

Oke dari data chart diatas kita bedah pembahasan menjadi Dua line pembahasan . Karena kami menggunakan 2 jenis rentang waktu MA yang berbeda. Pertama adalah Super Short trading dimana kami menggunakan periode MA 5 & 10. Lalu untuk Medium Long Trading kami menggunakan MA 30 , 100 dan 200. Dimana tujuan kami agar bisa mendapatkan Hasil analisa yang paling baik.

Secara pergerakan Daily Saham UNVR setelah terjadi Stocksplit lebih cenderung untuk bergerak melemah. Secara Trend Following masuk di saham ini sama saja kita melakukan spekulasi yang sangat besar. Karena semua trend yang dibentuk dari 2 indikator tadi adalah trend melemah.

Dengan begitu gambaran pergerakan saham ini dalam jangka pendek akan bergeraka melemah. Dan rekomendasi kami dalam jangka waktu yang pendek. Adalah untuk Tidak melakukan Trading . Karena masih akan ada potensial saham tersbut turun ke harga jauh di bawah harga IPO.

Lalu dengan medium trend kami melihat saham ini berada di bawah MA200. Dimana saham yang bagus menurut kami adalah Trend pergerakan harganya harus berada di atas MA200.

Monthly Chart, Head & Shoulders Pattern ?

Source : Stockbit Organised By Trading View

Dilihat dari Grafik yang dibentuk secara bulanan . Saham UNVR ini menghasilkan sebuah Pattern H&S . Pattern ini adalah pattern yang memberikan informasi sinyal pembalikan. dari Bullish ke Bearish dan Bearish Ke bullish.

Terjadinya Pattern ini ketika harga berada di Atas adalah pertanda buruk. Karena jika Pattern seperti ini berada di Wilayah Bullish . Bisa menjadi sinyal bahwa saham tersebut untuk turun lebih dalam lagi.

Dilihat dari Monthly Chart memang saham ini sudah tidak mampu untuk menembus Garis Resisten yang berwarna Hijau. Prediksi kami adalah Harga saham ini untuk bebrapa bulan kedepan akan masuk kedalam fase Downtrend.

Jadi Buat teman – teman harap untuk berhati – hati sementara waktu ini . Ditambah adanya aksi jual yang dilakukan oleh institusi terhadap saham ini .

Jadi pada intinya berdasarkan analisa – analisa di atas kami merekomendasikan NETRAL dan bagi anda yang sudah melakukan analisa lebih lanjut bagaimana nasih sahamnya . Bisa melakukan Aksi SELL untuk mencegah kerugian yang sangat dalam. Namun bagi anda pelaku YUK NABUNG SAHAM . Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai mencicil saham ini untuk masuk kedalam Portofoli Investasi secara Perlahan.

Ahir kata dari kami Selamat berinvestasi dan Happy Weekend.

Semua artikel ini sifatnya hanyalah review yang dilakuakn oleh kami . Artikel ini diperuntukan untuk teman – teman dalam membantu mengambil keputusan . arikel ini sifatnya adalah DISCLAIMER ON.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.