Merasa tidak puas adalah sifat serakah yang pada umumnya banyak di alami oleh kita semua. Terutama pada masalah finansial. Hal ini yang sangat sulit dilawan oleh para investor saham . Dari  Scapler hingga Pemburu Dividen. Namun semua sikap tersebut sangat berbahaya jika kalian terapkan untuk diri sendiri.

Yang pasti apabila teman – teman semua kejar – kejaran sama sesuatu . Yang ada bukannya kalian untung malah nyangkut dan rugi. Sebelum kita membahas mengenai Mengejar Dividen atau Capital Gain . Adakalanya kita membahas sebenarnya apasih Dividen itu ? apakah Voucher belanjar yang bisa kita belanjakan di Lazada , Shoppe atau Bukalapak ?.

Ehh bukan sebuah voucher belanja ya. Dividen adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Pembagian ini akan mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tetapi distribusi keuntungan kepada para pemilik memang adalah tujuan utama suatu bisnis. (Wikipedia). Nahh Dividen itu bukan Voucher belanja yah. Dividen itu adalah keuntungan yang dibagikan kepada pemilik perusahaan .

Namun apakah teman – teman sudah tau Jika Dividen sendiri bermacam – macam jenisnya ? . Ada Dividen berupa Saham , Dividen berupa Tunai , Dividen Interim dan Dividen Property. Namun kali ini kita lebih condong ke Dividen saham saja ya . Karena melihat kemarin ada yang tanya mengenai ” Mending Ambil Deviden Atau Capital Gain “.

Nah ngomong – ngomong Dividen. Di bursa saham adalah tempatnya. Karena selain menjadi tempat transaksi saham, Bursa Efek Indonesia juga menjadi tempat bertebarnya dividen bagi pemilik perusahaan tercatat. Kegiatan distribusi Dividen biasanya setelah adanya RUPS ( Rapat Umum Pemegang Saham ) untuk persetujuan Laporan keuangan tahunan.

Lalu pertanda perusahaan yang akan melakukan pembagian Dividen bagaimana ?. Biasanya perusahaan akan mengeluarkan pengumumam ( Corporation Action ) . Dan biasanya harga saham akan bergerak tinggi . Apalagi jika Dividen yang diberikan lebih besar dari ekspektasi yang diperkirakan. Contohnya adalah MERK dimana kemarin sempat ramai mengenai pembagian deviden yang besar sekali.

lalu apakah kita harus tergiur dengan dividen yang mereka bagikan ? . Menurut saya kalian tidak perlu tergiur untuk mendapatkan dividen yang dibagikan . Karena apabila kalian kalkulasi mengenai capital gain & Dividen. akan berbanding terbalik dengan keuntungan capital gain.




Jika dilihat dari kasusnya MERK disini banyak investor pemula yang terjebak. Dimana dia menginginkan untuk mendapatkan deviden. Apabila kalian memilih untuk mencari deviden maka hindari yang namanya aksi kejar – kejaran dengan deviden . bagi teman – teman yang ingin mendapatkan deviden , silahkan lakukan pembelian minimal 1 tahun sebelum perusahaan tersebut membagikan dividen. Yahh memang ini adalah kegiatan menabung. Apabila teman – teman melakukan transaksi Buy pada satt Cum date & Ex date. Maka bisa dipastikan kalian akan mengalami yang namanya nyangkut.

Setelah kalian capek – capek kejar dividen hingga masa Ex Date. Dan ternyata pada masa Exdate tersebut harga saham Jatuh sangat dalam sekali. Apakah keuntungan yang di dapat lebih besar ? ketika harga saham turun ?. Hmmm mungkin kebanyakan kita alami yang ada kita malah buntung ketika mengejar Dividen yang dibagikan.

Lalu pilih kejar deviden atau kejar capital gain ?. Menurut kami , sangat tidak merekomendasikan saham  yang apabila kita belum memiliki berusaha membeli nya Dengan harapan . ” Yesss , Dapet Dividen “. padahal jika kalian kalkulasi dividen dengan kerugian itu gak seberapa .

 

Sumber : Teman Saham ( https://temansaham.id)

Dan apabila seperti di atas ? kalian mau bagaimana ? . Nah untuk menghindari kejadian yang amat menyakitkan bagi investor pemula. Kami memiliki tipsnya untuk teman – teman semua. Semoga bisa membantu untuk menentukan arah yang tepat sebelum melakukan Action BUY or Run.




Aku pilih Kejar Dividen

Nah untuk kalian pecinta Dividen namun tidak ingin mengalami kerugian . Jadilah investor yang benar. Jangan jadi investor kejar tayang . Karena dengan menjadi investor kejar tayang alhasil kalian akan menjadi seorang gambler yang sangat merugi. Mendambakan dividen merupakan impian para investor pasar modal. Kuncinya adalah sabar apabila kalian ingin mengejar deviden. Jangan lakukan pembelian saham yang masuk pada masa Cumdate atau Exdate . Karena disana ada Bandar yang bermain harga untuk menjebak para pemula agar membeli saham tersebut. Dengan iming – iming kita akan mendapat Dividen

Dammmm , ketika masuk pada Exdate saham yang kita beli untuk mengejar Dividennya turun dalam. Disitulah kesalahan kita. Dimana ketika membeli hanya dengan berdasarkan harapan ” Yessss , dapat Dividen ” . Dan kalian tidak mengedepankan analisa teknikal & Fundamental . Untuk membuat sebuah Rencana . Lalu bagaimana supaya kita bisa tetap dapat Dividen & Aman ?

A. Beli saham Jauh – jauh sebelumnya

Membeli saham jauh – jauh sebelumnya . karena dengan begini kalian akan terhindar dari yang namanya . Rugi, Ditambah pisikologis kalian tidak akan terganggu.

B. Pahami Waktu

Memahami waktu adalah hal terbaik untuk bisa mendapatkan Dividen dengan baik. Dimana teman – teman bisa melihat history kapan perusahaan melaksanakan RUPS , Kapan perusahaan melaksanakan pembagian Dividen .

C. Lakukan Perhitungan ( Analisa )

Jangan hanya menggunakan Feilling. Lakukan analisa terlebih dahulu jika kalian ingin melakukan Kejar Dividen . Karena dengan melakukan perhitungan , kalian bisa terselamatkan dengan yang namanya Rugi dari kejar – kejaran ini .

Nah bagaimana ? kalian masih mau kejar – kejaran sama Dividen ? namun terkecuali jika kalian sudah expert silahkan hati – hati.

Namun jika kalian merasa kejar – kejar tersebut membuat lelah . Maka kalian bisa melakukan take action pada capital gain saham tersebut. Caranya bagaimana untuk menjadi pemenang di saham yang akan membagikan dividennya ?.

Pertama , Kalian harus paham pola bandarnya , apakah Akumulasi & Distribusi . jika kalian sudah memahami akan ilmu Bandarmology maka kalian bisa memanfaatkan momen disini untuk membeli saham dan menjualnya kita bandar menunjukan distribusi

Kedua , Hukum alam apabila sebuah saham membagikan dividen yang nilainya besar maka, Harga saham akan di kerek naik. Dikerek naik dalam artian bagaiman ? . Harga saham akan dibawa naik setinggi mungkin pada masa Recording Date sampai Ex date. Dan pada masa Exdate biasanya Harga saham akan dibawa turun sedalam mungkin agar para  “Pemburu Dividen ” Cut Loss

Ketiga , Apabila kalian ingin mencari Capital Gain , maka jika ada Corp Action . Teman – teman bisa melakukan beli untuk proses akumulasi . Dan apabila sudah di umumkan hasil RUPS untuk pembagian dividen maka harga saham akan Naik tinggi sekali pada masa Recording Date.

Keempat , Jual Saham sebelum masa Exdate. Disini kalian harus menjual saham sebelum masa Exdate untuk tetap mendapat keuntungan di saham . Karena apabila kalian salah plan bisa – bisa yang tadinya untung banyak malah minus banyak.

Nah memang pertarungan di bursa saham sangat lah harus disusun dengan matang. Jangan melakukan beli dengan asal – asalan . Karena bisa jadi kalian sedang tidak beruntung dan malah rugi besar. dan sampai disini harusnya kalian bisa menyimpulkan . Antara Kejar Dividen Atau Kejar Capital Gain Selamat berlibur untuk sobat teman saham semua.



1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.