Beberapa waktu pengamatan kami menilai ada satu saham yang pergerakannya sedikit aneh. Dalam perdagangan yang kami amati sejak ahir tahun ini pergerakan saham ini cenderung untuk Turun lebih dalam . Secara transaksi harian Saham ini memang cenderung tidak banyak di transaksikan oleh mayoritas Investor.

keberanian kami untuk menulis artikel ini adalah Kami menaruh rasa curiga terhadap saham ini . Karena merujuk dari data RTI atau Stockbit kepemilikan Saham ini di publik Hampir mayoritas dimiliki. Bahkan dalam komposisi pemegang saham pemilik saham mayoritas tertuliskan Hanya memiliki 0,00%. Ini bahaya sekali karena melihat mayoritas Pemegang saham Adalah publik.

Secara historisnya saham ini pernah berada di titik Rp 6000/lembarnya. Bisnis yang dijalankan adalah di sektor Jasa. Perusahaan ini lahir di tahun 1958 dan melangsungkan IPO 20 Mei 1991.

Data Pemegang Saham

Ketika kami  menelisik lebih jauh mengenai komposisi pemegang saham . Data yang ditampilkan 99% lebih besar kepemilikannya terhadap publik. Data yang di tampilkan pada IPOT ( Indopremier Sekuritas ) dimana kepemilikan saham Saham dengan sandi POOL ini adalah PT. Advista Multi Artha Sebesar 5,09%. Lalu data yang kami dapatkan melalui Stockbit menunjukan bahwa Saham Terbesar dimiliki oleh Masyarakat dengan porsi 100%. sedangkan Advista Multi Artha memiliki sebesar 0,00% .

Lalu di susul oleh RTI dimana dengan saham bersandi POOL ini tertera bahwa lagi – lagi masyarakat memiliki komposisi terbesar sebanyak 100%. dan Advista Multi Artha lagi – lagi tertera 0,00%.

Prospek Kedepan Apakah Bagus ?

PT Pool Advista Indonesia Tbk , perusahaan induk dari semua unit bisnis Pool Advista. Melihat dari Laporan Keuangan Kuartal III . perusahaan ini mengalami kerugian yang cukup besar. Dari data yang kami himpun melalui IPOT ( Indopremier ) Kuartal III 2018 perusahaan ini mengalami kerugian sebesar 75,6 B dan Kuartal III 2019 merugi sebesar 268.0 B.

Namun jika benar bahwa target pendapatan perusahaan ini naik pada tahun ini . maka prospek bisnis di lini keuangan perusahaan masih tergolong bagus. Memang untuk bisnis di sektor keuangan ini cukup menggiurkan bagi segelintir orang yang memiliki kepentingan.

Melihat dari portofolio bisnis dimana banyak anak usaha dari POOL ini ada yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia. Beberapa diantaranya adalah POLA. Dan dihari ini 27 Desember 2019 kedua saham tersebut mengalami kejadian yang sama dimana masuk kedalam posisi ARB ( Auto Reject Bawah ) . 

Teknikal & Transaksi Saham

Melihat dari sudut pandang Teknikal , Ada keanehan di saham POOL ini . Dimana sejak harga saham perusahaan ini berada di Rp 3000. Saham ini terus bergerak turun sampai titik 208 hari ini tadi .

Source : Investing.com

Source : IPOT DESKTOP

Kami merasa bahwa ada indikasi bahwa saham perusahaan ini memang sedang di obral kepublik. Namun secara transaksi 1 Bulan , Saham POOL Mayoritas masih banyak di Beli oleh Afiliasi perusahaan itu sendiri. Secara bulanan Dimana kami menarik data sejak 01 Desember 2019 Sampai 27 Desember 2019 di Semua pasar bahwa Broker dengan Kode QA atau biasa di sebut PT Pool Advista Sekuritas .

Namun secaara teknikal di dalam saham POOL ini masih akan berpotensi untuk turun. Melihat pola transaksi & Pola pergerakan saham masih belum terlihat adanya indikasi Sinyal pembalikan. Hari ini pun saham ini masih banyak Di Obral oleh Sekuritas bersandi PO dengan nama lain Pilarmas Investment Sekuritas .

Overal secara teknikal saham ini masih belum ada sinyal pullback yang kuat. Melihat pola – pola transaksi seperti ini ada besar indikasi bahwa saham POOL ini akan bermuara di Rp 50,-/lembarnya . sumbernya darimana ? silahkan kawan – kawan amati pola pergerakan saham ini & gambar chart sahamnya apakah memiliki pola yang baik atau bukan.

Sekian dari kami semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memilih saham – saham terbaik. Untuk Update terbaru silahkan gabung kedalam channel teman saham di Telegram di sini

Disclaimer On

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.