Salah satu bank milik daerah ini sedang di lirik banyak investor. Pertumbuhan laba , Disiplin dalam pembagian deviden . Dan kesehatan finansial yang luar biasa dari pada bank daerah lainnya. Bank Jawa Timur atau lebih dikenal sebagai BJTM sedang banyak di perbincangkan oleh investor .

Banyak yang menilai bahwa berinvestasi di bank ini bisa menghasilkan income deviden yang besar . Berdasarkan data RTI dalam 5 tahun terakhir BJTM membagikan deviden dengan rata – rata sebesar 43.64 / lembarnya. Dengan rasio pembagian deviden sebesar 62,68%. Cukup besar sekali jika dilihat dari jenis dan skala perusahaan ini .

A. Selayang Pandang BJTM

Bank Jatim atau lebih dikenal PT Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk merupakan bank dengan status kepemilikan pemerintah daerah. Bank ini di dirikan pada 17 Agustus 1961. Bertepatan dengan Hari kemerdekaan RI . Bank jawa timur memiliki beberapa lini bisnis di bidang finansial . Yang pertama adalah perbankan syariah dan perbankan syariah .

Bank Jatim sendiri di miliki mayoritas oleh Pemerintah Daerah Jawa Timur . Berdasarkan data yang mengacu pada IDX . Pemda Jawa Timur memiliki 51,201% saham Bank Jatim . Selebihnya dimiliki oleh 38 Pemda Kabupaten atau Kota serta masyarakat umum.

Bank jatim sendiri sampai sekarang sudah memiliki lebih dari 100 Cabang untuk menyediakan perbankan konvensional . Selain 100 cabang tersebut mereka sudah memiliki lebih dari 50 Cabang untuk Pelayanan Bank Syariah.

B. Bisnis Daerah Untung Melambung

Sebagai satu -satunya perusahaan pembiayaan dan layanan finansial di daerah Jawa Timur . Bank Jatim yang di dukung oleh pemerintah daerah setempat bisa berkembang dengan baik. Walaupun banyak gempuran – gempuran di era Industrial 4.0 ini . Bank Jatim tetap eksis menghasilkan laba dengan konsisten.

Sebenarnya banyak pesaing di sektor finansial ini . Seperti bank miliki Pemerintah Pusat yang sudah berkembang pesat dan melekat di hati masyarakat . Namun perusahaan daerah ini terus konsisten menghasilkan laba.

Bank jatim memiliki beberapa layanan yang sebenarnya banyak di miliki oleh bank – bank multinasional yang ada di Indonesia . Baru – baru ini BJTM memiliki layanan perbankan baru dimana mereka bergerak menjadi Bank pengelola RDN . Bank jawa timur dalam bisnis nya memiliki 2 lini bisnis untama .

Yang pertama mereka menyediakan beberapa pelayanan di bidang konvensional . yang pertama peluang bisnis yang terus akan mengalir di sektor ini adalah Kredit UMKM . Mengingat wilayah Jawa Timur banyak memiliki Unit Usaha Kecil yang membutuhkan bantuan pendanaan untuk berkembang . Pendapatan dalam bidang kredit biasanya menjadi penyokong utama dalam pendapatan bersih perseroan . Walaupun ada resiko kredit macet namun pastilah perusahana bisa melakukan antisipasi .

Selain itu sebagai satu – satunya bank daerah pemerintah jawa timur . Memberikan peluang bank ini terus dikenal oleh masyarakat jawa timur . Dimana pemerintah sudah mewajibkan semua PNS menerima gaji dan sebagainya dengan fasilitas dari Bank Jatim. Dengan begitu pertumbuhan nasabah, pendapatan lain – lain pun semakin bertambah .

Selain dari beberapa poin di atas , Bank jatim yang sudah menyediakan layanan Remittance dan layanan seperti perbankan pada umumnya . Sehingga untuk masyarakat Jawa Timur yang sedang atau bekerja di luar negeri bisa dengan mudah melakukan pengiriman uang kepada keluarga yang memiliki rekening di bank Jatim ini .

Melihat bisnis finansial yang dijalankan sama seperti kebanyakan perbankan di Indonesia . Serta melihat pertumbuhan masyarakat indonesia yang baik bisa memacu lebih baik bisnis finansial ini di tahun – tahun berikutnya .

Selain menyediakan fasilitas Konvensional Bank Jatim juga memberikan layanan Syariah . Walaupun belum mayoritas masyarakat indonesia menggunakan jasa perbankan syariah . Namun ini bisa menjadi pioner menggalakan ekonomi syariah di area jawa timur sendiri .

C. Kinerja Keuangan Ciamik , Cuan selalu datang

Dalam 5 tahun terakhir , Kinerja perusahaan ini konsisten memberikan pertumbuhan laba bersih . Dimana berdasarkan Laporan keuangan Full Audit 2017 – 2018. Bank jatim membubuhkan pemdapatan yan besar . Dimana Laba bersih bank jatim ini mendapatkan Rp 1,26 Milliar .

Dengan rasio pembagian Deviden terhadap keuntungan bersih sangat besar. Berdasarkan data 5 tahun kebelakang. Rata Рrata dalam 5 tahun terakhir 60% dari pendapatan bersih Bank Jatim dibagikan untuk Deviden terhadap investor . Namun dalam perhitungan rasio keuangan Book Value Pershare harga wajar Bank  Jatim berada di tiitk 620 /lembarnya.

Namun kami melakukan perhitungan valuasi dengan metode Discontinue Cash Flow dan kami mendapatkan hasil bahawa . Dalam 5 tahun kedepan harga saham Bank Jatim dengan estimasi Growth pertumbuhan 6% . Harga saham Bank jatim akan menempati level 900/lembarnya.

Dan berikut adalah lamiran gambar mengenai Proyeksi Pertumbuhan EPS saham BJTM dalam 5 tahun kedepan . kami menggunakan Estimasi Growth pertumbuhan adalah 10% karena pertumbuhan Bank Jatim berada di bawah titik 15%.

Sumber : Diolah Dari Berbagai Sumber

Dan dibawah merupakan tabel perkiraan pertumbuhan harga wajar bank Jatim. Dengan menggunakan metode DCF yang ada .

Sumber : Diolah Dari Berbagai Sumber

D. Terus Beli ? atau Terus Jual

Berdasarkan beberapa analisa kami mengenai bisnis dan beberapa faktor . sampai sekarang kami masih memperhatikan timing yang pas . Namun melihat di tahun 2019 ini harga wajar saham BJTM sudah tercapai . kami memberikan rating Neutral . Namun untuk teman – teman yang ingin terus menabung di saham ini kami mempersilahkan mengingat bisnis dan pertumbuhan perusahaan ini masih lumayan bagus.

Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu penentu investasi teman – teman dan artikel ini bersifat disclaimer on. Jadi kami tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun keuntungan di saham ini .

 

Salam Profit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.