Belakangan ini market sedang gempar mengenai saham perusahana bank syariah milik BTPN ini. Bank Tabungan syariah ini belakangan banyak di buru oleh investor domestik untuk di beli.Memang bervariasi alasan yang kami temukan . Mulai dari rekomendasi ataupun karena harganya yang terus naik.

Bank Tabungan Pensiun Syariah ini resmi dimiliki oleh PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk. BTPS sendiri secara tidak langsung tergabung kedalam Sumitomo Group. Dimana Induk usaha perusahaan ini telah di beli oleh perusahaan bank asal jepang . BTPS Sendiri merupakan bank yang bergerak di bidang pendanaan prasejahtera.

Sebenarnya semua bank pada dasarnya memiliki sektor dan pangsa pasar yang hampir sama. Dari bank buku 1 sampai yang paling tinggi akan menyasar pasar kredit . Pembiayaan  dan lain – lain. BTPS atau PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Syariah , Juga memiliki pangsa bisnis yang sama. Dari website resminya BTPS Syariah memiliki 2 produk. yaitu Pendanaan & Pembiayaan.

Namun yang pasti bank yang satu ini juga memiliki pendanaan UMKM atau sejenisnya . Selain itu BTPS yang memang bergerak di sektor pendanaan & Pembiayaan Pra-sejahtera. Mereka mendidik para ibu – ibu di luaran sana . Untuk bisa mejadi seorang pengusaha .

Dengan sistem bisnis yang dilakoni, dimana memberikan pendanaan sekaligus memberikan pelatihan . Menjadi nilai tersendiri bagi Bank ini. Jika mereka tetap menyasar kalangan wanita pra-sejahtera peluang berkembang bisnis bank ini memang masih terbuka lebar.

Namun ingat selain BTPN Syariah , masih banyak bank syariah yang sudah tumbuh di indonesia. Ada BRI Syariah , Mandiri Syariah , CIMB Syariah , BNI Syariah , Bank Pan Dubai Syariah dan masih banyak lagi. Mereka semua sama mengincar sektor pembiayaan & pendanaan .

Jika di bandingkan dengan 2 perusahaan Syariah yang sudah listing di bursa , memang harga saham dan Capital gain yang sangat menghasilkan adalah BTPS. Dimana kami melakukan compare antara BTPS , PNBS dan BRIS . dalam kurun waktu 1 tahun 1 Januari 2019 sampai Sekarang.

Source : Indopremier

Dari tabel di atas BTPS menghasilkan gain 85,51% sejak awal tahun sampai sekarang. PNBS 12% dan BRIS -4,76% . Namun dari ketiga bank ini kami tetap menjagokan BRIS karena dengan akan adanya Ekspansi Anorganik yang dilakukan BRI . Dengan melakukan Akuisisi Bank Syariah peluang BRIS untuk semakin besar akan terbuka lebar.

Jika dilihat dari segi fundamental . Memang saham Perusahaan BTPS menghasilkan pendapatan yang lebih baik . dengan perbandingan PER dari ketiga emiten tersebut. BTPS menghasilkan PER paling sedikit. ROE yang dihasilkan pun terbilang cukup besar. Dimana berada di posisi 24,86%.

Namun ada 1 yang membuat kami untuk berpikir ulang sebelum membeli. Dimana dari faktor Analisa Teknikal BTPS juga sedang masa distribusi sampai artikel ini terbit. Yang kedua adalah Book Value dengan harga sekarang sudah sangat mahal.

Book Value BTPS berada di kisaran 643,27 dan sedangkan harganya sekarang berada di level 3300 . 5X lebih mahal dari harga bukunya sehingga bagi kami sudah tidak worth it dibeli.

Teknikal Distribusi ?

Source : Investing.com

Dari segi teknikal semenjak pertengahan april sampai pertengahan May. Ada lonjakan volume yang sangat signifikan .Ditambah harga saham BTPS ini belum naik dengan signifikan . Dari segi analisa teknikal apabila Candlestick historical harga BTPS mampu Breakdown garis trendline saja . Maka ada potensi harga saham BTPS ini akan Rally di kisaran 3000 – 3100.

Walaupun dalam prediksi kami harga saham ini Mampu menuju ke 3700 setelah melewati target pertama di 3500. Kami merekomendasikan WAIT & SEE dikarenakan harga yang sudah terlalu mahal menurut analisa kami . Saat ini BTPS berada dalam fase distribusi dimana di konfirmasi dengan Volume merah yang terus terbuat dalam beberapa hari ini .

Fundamental Bagus ?

dengan melihat perkembangan Finansial perusahaan ini selama 1 Semester 2019. Dimana perusahaan ini mampu mencetak laba sebanyak 610 M. ini bisa menjadi panutan dimana beberapa bank Syariah yang sudah listing masih memiliki Fundamental yang kurang memuaskan. namun ada satu yang menjadi pertimbangan kami , Dimana BVPS atau Book Value perusahaan ini berada di angka 643 / lembarnya. Serta PBVnya sudah berada di 5 X lebih mahal dari harga buku.

Memang dari segi ROE saham BTPS ini memiliki hasil yang bagus. dimana mereka memiliki Kinerja ROE 20% . dengan bisnis yang di jalani memang memiliki hasil dan prospek yang menjanjikan .

Enaknya Buy Or Sell ?

Menimbang dari semua unsur yang ada . Dari peluang bisnis sampai teknikal. kami sendiri masih memberikan rating NETRAL . karena masa distribusi yang sedang berlangsung dan harga yang sudah terlanjur mahal sekali . Namun jika dalam beberapa hari ada teknikal rebound berhati – hati saja . Karena barang yang di miliki Oleh Asing super banyak sekali. Sehingga harus waspada dalam fase distribusi ini .

Semoga artikel ini dapat membantu dalam menilai Saham BTPS dan tidak menjadi patokan anda dalam membeli. Karena ini semua bersifat Disclaimer On. 

Kenali Kami Lebih jauh : Follow Us On Telegram Let Know more info About Stock .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.