Hari ini , Rabu 03 Oktober 2018 di bursa efek indonesia kedatangan emiten baru, Yaitu PT SAP Express Dengan kode bursa adalah SAPX. Perusahaan ini merupakan perusahaan logistik pengantaran barang – barang seperti JNE , TIKI , POS Indonesia dan Sejenisnya .

PT. SAP Express Tbk sendiri memiliki kegiatan usaha di berbagai bidang . Tidak hanya pada jasa logistik , Ternyata SAP Express juga melakukan ekspansi bisnis hingga Percetakan & Outsourcing & Transaksi Keuangan berdasarkan prospektus yang kami dapat. Pada debut IPO kali ini , SAPX ( PT SAP Express Tbk ) menggunakan jasa underwriter dari RHB Sekuritas Indonesia.

Berhubung saham ini sudah IPO sejak kemarin , Kami tidak akan panjang lebar dalam memulai artikel ini. Nah ngomong” mengenai sektor logistik. Pasti identik dengan jasa pengiriman barang. SAP Express sendiri sudah lama menjadi pemain di dunia logistik sendiri. Yah kami sendiri pun belum terlalu kenal dengan emiten ini . Karena jarang sekali di gunakan oleh masyarakat umum untuk mengirimkan barang. SAP Express sendiri di dirikan pada tanggal 1 juli 2014. Perusahaan ini terhitung masih sangat baru menurut saya, Dimana sejak 2014 hingga sekarang perusahaan sudah siap untuk melantai di bursa.

Pada debut acara IPO kali ini SAPX menjual saham ke publik sebanyak 433.333.300 ( empat ratus tiga puluh tiga juta tiga ratus tiga puluh tiga ribu tiga ratus ) lembar. Pada debut IPO kali ini SAP Express dana yang di dapat digunakan untuk berikut :

  • Sekitar 62,03% Dana hasil ipo akan digunakan untuk membayar hutang obligasi konversi yang sudah di tetap kan perseroan .
  • Sekitar 37,97% dana hasil ipo di gunakan untuk modal kerja perseroan.

Setelah menjalani IPO , SAP Express yakin jika mereka akan mendapatkan market share yang bagus di pasaran. Mengingat E-Commerce di indonesia sekarang sedang menjadi trend untuk masyarakat indonesia. Memang jika dilihat selama ini , Penguasa market logistik pengiriman di E-commerce sekarang adalah JNE, J&T & TIKI. SAP Express sendiri yakin jika kedepannya mereka bisa mendapatkan market share yang ada saat ini. Jika dilihat sekarang raksasa – raksasa e-commerce seperti Bukalapak , Tokopedia , BliBli , Lazada Indonesia, Zalora Indonesia, Jakmall dan masih banyak lainnya.  ini menjadi prospek utama PT SAP Express Tbk untuk mendapatkan profit disamping logistik lainnya.

Ditinjau dari Statistik pengguna E-Commerce di indonesia, Jika pengguna E-Commerce sangat banyak daripada mengunjungi pasar langsung. Nah , Dimana sekarang menjadi budaya masyaraka indonesia menuju ke Teknologi ini menjadi peluang besar bagi PT SAP Express Tbk kedepannya.

Saat ini berdasarkan laporan keuangan pendapatan SAP Express. Pendapatan pengiriman logistik terbesar saat ini adalah wilayah Jabodetabek. Dan sisanya berasal dari pengiriman luar jabodetabek. Untuk ekspansi ke sektor logistik yang lebih besar SAP Express menggandeng perusahaan  GD Express Carrier Bhd asal malaysia. Dari sumber yang kami dapatkan mereka menuliskan jika GD Express Carrier melakukan kerja sama dengan SAPX untuk ekspansi bisnis di indonesia.

Ini berarti jika mereka setelah IPO dan melunasi hutang obligasi terhadap GD Express Carrier , mereka akan terbebas dari hutang akan melakukan ekspansi untuk bisnis kedepannya.

Financial Statemen PT SAP Express Tbk

Dari data yang kami dapat jika struktur modal PT SAP Express Tbk sendiri 40.000.000.000. Pemegang saham perseroan adalah Budiyanto Darmastono & Yuwono Darmastono. Dilihat dari laporan keuangan terakhir yaitu 31 Maret 2018 total Asset lancar perusahaan adalah 46.547.975.417. Dilihat dari pendapatan perusahaan dalam laporan keuangan Q1 Maret 31 2018. Mereka mendapatkan revenue Rp 48.210.455.463 dibandingkan Q1 tahun 2017 sebesar Rp 31.240.768.981. Sedangkan posisi Ekuitas pada Q1 2018 adalah 8.927.338.208.

Nah dilihat dari keadaan finansial perusahaan , Kami belum bisa menyimpulkan baik atau tidaknya perusahaan tersebut. Dikarenakan dalam beberapa tahun berjalan perusahaan ini masih mengalami Net Loss Profit dimana bagi saya sebagai investor masih sangat berbahaya.

Event harga SAPX sekarang ini yang melejit tinggi dikarenakan mungkin efek IPO yang ada belakangan ini . Menurut kami perusahaan ini masih layak untuk di jadikan Watchlist. Karena jika mereka bisa memberikan After Sales Service yang bagus maka kami yakin jika perusahaan ini akan berkembang pesat & bisa mendapatkan market share yang bagus.

Untuk EPS yang saya dapatkan di Software trading Sekuritas kami PT Indopremier Sekuritas sebesar – Rp 1.95 . Net Profit perusahaan – Rp 1,6 B. Jadi untuk kalian yang sudah dapat jatah di IPO kemarin harus waspada . Karena keadaan fundamental perusahaan ini yang masih kurang memungkinkan. Saran dari kami adalah TRADING BUY SHORT . 

Sekian dari kami Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.