Mungkin teman – teman sudah tau akan produk perusahaan yang satu ini . Yup produk yang kita kenal adalah CLEO Mineral Water. Brand air mineral CLEO berkibar dibawah PT Sariguna Primatirta Tbk . perusahaan air mineral ini fokus menjual AMDK (Air Minum Dalam Kemasan ) Kemasan yang bervariasi . Dari Galon Hingga kemasan Botol .

PT Sariguna Primatirta Tbk sendiri menggunakan merk dagang dengan nama Tanobel Food .Bisnis air kemasan yang banyak di cari orang sangat menjanjikan bagi perseroan.Walaupun persaingan dalam produk AMDK ini sudah banyak yang ikut dalam pasar nasional.

Mungkin teman – teman semua kenal dengan brand minuman kemasan terbesar di indonesia . Yups AQUA adalah salah satu the legend of AMDK di indonesia . bahkan di dalam kehidupan sehari – hari masyarakat. AQUA sudah membudaya atau melekat di kehidupan mereka . Namun CLEO sendiri tidak gentar untuk terus berkembang di tengah ketatnya persaingan dagang .

Dari data yang kami dapatkan ada kurang lebih 500 perusahaan yang melakoni Bisnis air minum dalam kemasan ini . Produk AMDK sendiri sudah sangat beragam di pasaran. Seperti AQUA , PRISTINE , CLEO , CLUB Mineral Water , VIT , Le Minerale , Ethernal Plus+ , Crystaline dan masih banyak lagi .

Mungkin yang paling kita kenal sekarang ini adalah Aqua , Cleo , Vit & Le Minerale . Melihat ketatnya persaingan dagang antara produsen amdk . menunjukan bahwa Bisnis di sektor ini sangat menguntungkan.

Mungkin Faktor utama yang mempengaruhi kebutuhan air mineral yang selalu berkembang adalah Pertambahan penduduk . Mengingat 50 – 60% tubuh manusia tersusun dari air . Lalu bagaimana dengan peluang bisnis sektor ini ? apakah akan terus tumbuh . Berdasarkan data kementrian perindustrian pada tahun 2018 . Produksi air mineral di indonesia tumbuh Sebesar 10% .

Apakah PT Sariguna Primatirta Tbk bisa mengikuti jejak AQUA untuk menjadi lebih besar . Adanya potensi besar yang tersimpan dalam bisnis ini .menjadikan perusahaan ini  banyak di lirik oleh investor – investor .

Flashback IPO PT Sariguna Primatirta Tbk

Pada 5 Mei 2017 PT Sariguna Primatirta Tbk melakukan Penjualan perdana saham mereka kepublik. Harga pada masa IPO berada di Rp 115/lembarnya . Total saham yang di jual kepada publik ada 450 Juta lembar . 95% Dana yang di dapatkan dari proses IPO akan digunakan untuk Ekspansi bisnis . Dan sisanya mereka gunakan untuk modal kerja perseroan .

Memang kala brand CLOE belum seperti sekarang ini . Dimana perusahaan sudah berekembang dengan pesat . Produk – produk yang di hasilkan sudah banyak serta dikenal masyarakat. Pilihan perseroan untuk menjual saham ke publik menjadi pilihan yang tepat .

Dari sumber yang kami dapatkan bahwa Pangsa pasar AMDK setiap tahunnnya Meningkat . Jumlah permintaan Air Minum Dalam kemasan berada di angka 10 – 12% . dan permintaan ini selalu meningkat seiring pertumbuhan & perkembangan penduduk Indonesia.

Posisi fundamental perusahaan ini kami rasa masih bagus. Walaupun beberapa rasio menunjukan bahwa harga saham sekarang. Jauh di atas harga wajarnya . Namun bagaimana pun bisnis yang di lakoni berpeluang sangat baik.

Market leader sektor ini adalah AQUA dengan rasio 45% . Dan 55% sisanya menjadi pemilik pemain – pemain baru .Oleh karena itu apabila dari 55% . CLEO bisa menguasai sebesar 30% nya saja . Ini bisa memacu pendapatan perusahaan ini lebih baik lagi.

CLEO melakukan kerja sama penjualan di beberapa outlet dagang retail . Seperti Indomaret , Alfamart & Alfamidi. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Namun, harus tetap di perhatikan dalam pertumbuhan Fundametnal perusahaan ini .

  1. Beban Pokok penjualan

Salah satu yang akan mengurangi laba bersih perusahaan . Adalah beban pokok penualan , beban pokok penjualan ini . Bisa meliputi dari biaya kemasan . Biaya produksi dan lain sebagainya .

2. Selisih Kurs

Penyebab kedua yang akan mengurangi laba bersih adalah Selisih Kurs. Bisa jadi ketika melakukan cross transaksi antara mata uang indonesia dengan asing .

3. Asset Galon Kemasan Air

berhubung perusahana ini menyediakan isi ulang air . Indikasi keruguian atas kerusakan kemasan galon bisa saja terjadi . Karena galon yang dikembalikan pecah atau bocor .

Namun dari semua itu kami masih menilai perusahaan ini berpeluang bagus . masyarakat indonesia sekarang lebih pintar untuk memilih . Mana produk yang bagus dan yang tidak . Ahir kata , Rekomendasi kami untuk saham ini adalah BUY . Namun sebelum kalian melakukan antrian beli. Perhatikan faktor teknikal dan juga Fundamental perusahaan . Bisa jadi semua argumentasi kami disini berbeda dengan pendapat teman – teman semua .

Namun kami tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun keuntungan teman – teman semuanya . Semoga Artikel ini membantu . Salam Profit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.