Mungkin kebanyakan teman – teman pemula bingung akan dimana awal menaruh uang mereka . Dimana perusahaan yang bagus untuk di beli. Dan banyak sekali yang di pertanyakan . Sebenarnya tidak perlu pikir panjang untuk menaruh dimana dana yang kita miliki.

Awal berinvestasi merupakan awal cinta pertama kita terhadap saham . Saham bukan lah barang haram . Mengingat yang di jual belikan sudah sesuai syariat yaitu Perusahaan yang di transaksikan benar adanya . Lalu apa rekomendasi saham yang cocok untuk pemula ? .

Saham – Saham yang cocok untuk pemula adalah saham – saham yang turn over harganya tidak terlalu cepat . Mengapa ? karena secara umum Pisikologis dan Money management belum terbentuk dengan sempurna. sehingga untuk mengiringi belajar kita kami siapkan 10 Saham yang layak untuk di koleksi ketika pertama kali berinvestasi .

  1. Kode : CLEO ( PT Sariguna Primatirta Tbk ) 

salah satu saham yang menurut kami layak untuk dijadikan Cinta Pertama adalah saham Consumer ini . Bisnis yang potensial dalam 10 tahun kedepan menjadikan saham ini cocok untuk di koleksi . alasan utama kami adalah Risk Reward di saham ini bisa terbilang kecil ketika saham ini di simpan dalam jangka waktu yang cukup .

Selain alasan tersebut , Produk AMDK yang di produksi oleh mereka sudah banyak di kenal oleh banyak orang . menjadikan produk ini akan tenar dari mulut ke mulut . selain beberapa hal tersebut Produk Cleo masih di butuh kan bisa berpengaruh terhadap fundamental perusahaan .

Dilihat dari Fundamental yang bersumber dari Laporan Keuangan Audit . Total Revenue perusahaan ini selalu meningkat . selain Penjualan yang terus meningkat rasio hutang perusahaan ini pun terjaga dengan baik .

Merujuk pada poin – poin di atas secara basic saham ini cocok untuk di simpan . untuk lebih lanjut silahkan teman – teman analisa lebih lanjut ya.

2. KODE : BBRI  ( PT Bank Rakayat Indonesia Tbk )

Salah satu perusahaan keuangan BUMN yang memiliki kinerja ciamik adalah perusahaan satu ini . Memiliki cabang hingga seluruh pelosok indonesia . menjadikan perusahaan ini sebagai salah satu aspek penting dalam transaksi para nasabahnya . Selain itu bank BRI sendiri menjadi salah satu pemilik jaringan satelit yang diberi nama BRISat.

BRI Senidri menjadi salah satu ban BUMN yang masuk kedalam list Bank terbaik versi Forbes. Selain beberapa aspek yang di perhatikan di atas . Fundamental perusahaan ini yang bagus menjadi pilihan investasi untuk teman – teman pemula .

selain Fundamental harga saham perusahaan ini pun tidak turun dan naik secara liar . Biasanya saham – saham yang geraknya tak seliar binatang . Menjadi salah satu pilihan investasi kebanyakan orang .

3. KODE : TLKM ( PT Telekomunikasi Indonesia ( Persero ) Tbk )

Mungkin buat temen – temen disini sudah tidak asing lagi dengan perusahaan teknologi milik Indonesia ini . Pemilik brang Indihome , Speedy , Wifi.Id , Telkomsel , Kartu Hallo , Dan Masih Banyak Lagi . Perusahaan BUMN yang satu ini merupakan perusahana yang sudah terkenal dan banyak di gunakan di masyarakat .

Produk – Produk teknologi milik mereka pun banyak di gunakan oleh para pelaku bisnis . Contohnya TELIN salah satu penyedia Cloud computing milik telkom indonesia . Lokasi Telin sendiri berada di Gateway singapore . Dan untuk diketahui saja bahwa Singapore merupakan titik bertemunya koneksi antar negara yang ada . Sehingga lokasi dan koneksi disana sangat strategis untuk melakoni bisnis Data Center .

Bisnis yang dilakoni perusahaan ini berpotensi untuk berkembang pesat dalam jangka waktu panjang. Ini pun menjadi rekomendasi saham pertama bagi pemula . Dilihat dari segi fundamental dan bisnis perusahaan ini terbilang cukup prospektif . Bahkan kami sudah mereview saham perusahaan ini beberapa waktu lalu.

4. KODE : JSMR ( PT Jasa Marga ( Persero ) Tbk )

Buat yang suka jalan – jalan di Tol , Harusnya mengetahu perusahaan yang satu ini . Sebuah badan usaha negara yang mengelola dan mengadminsitrasi jalan Tol yang ada di indonesia . Jasa Marga menjadi satu – satunya perusahana pengelola jalan tol di indonesia .

Mungkin jika ada yang lain mereka adalah milik swasta atau Anak perusahaan dari PT Jasamarga Persero . Bisnis perusahana ini terbilang lumayan berpeluang . Kenapa ? , hingga saat ini Di bagian pulau jawa sendiri . Jalan Tol sudah terhubung dari Pelabuhan merak hingga Surabaya provinsi Jawa Timur .

Dan ini menjadi salah satu saham yang cocok untuk para pemula . Karena Harga yang masih terjangkau . Fundamental perusahaan yang terjaga dengan baik . Ditambah jika semua infrastructure jalan tol sudah terbentuk dengan sempurna maka potensi keuntungan besar bisa di raih oleh perusahaan ini .

5. Kode : GOOD ( PT GarudaFood PPJ Tbk ) 

Salah satu produsen Kacang – Kacangan yang terkenal dari Pati Jawa Tengah . Salah satu perusahaan makanan yang sudah lama dikenal oleh masyarakay indonesia. walaupun Saham perusahaan ini tidak masuk kedalam jajaran Saham LQ45 . Adakalanya kita memperhatikan saham perusahaan ini .

Mungkin kalau teman – teman paham akan produk makanan mereka. Pasti kenal dengan perusahaan ini . Produsen Kacang garuda ini menjadi perusahaan yang kompetitif dari perusahaan lainnya . Namun ada satu kekurangan di saham perusahaan ini . Saham yang beredar sangat sedikit jadi harga saham ini bisa dengan mudah naik dan turun .

Namun dilihat dari pamor produk perusahaan ini dan Fundamental perusahana ini kami yakin bahwa Garuda Food akan mendatangkan Cuan yang besar dalam beberapa waktu kedepan .

6. Kode : PTBA ( PT Bukit Asam Tbk )

mungkin ini adalah pilihan perusahaan sektor Coal mining yang menjadi pilihan berinvestasi . Selain sebagai salah satu perusahaan BUMN pertambangan Babutara . PTBA dari segi kinerja memiliki keuangan yang memang baik . Ditambah dengan adanya keistimewaan dimana dia adalah perusahaan pemerintah . Sehingga untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan ini akan lebih mudah .

DMO batubara mungkin bisa jadi pengaruhnya kecil terhadap kinerja keuangan mereka. Secara fundamental memang perusahaan seperti ini kinerja akan berpengaruh terhadap fluktuasi harga Batu bara . Jadi apabila kinerja pasar batu bara mengalami kemerosotan . Bisa berpengaruh juga terhadap keuangan perusahaan dan saham.

Namun dilihat dari harga yang lumayan stabil dan tidak terlalu volatile . Saham ini kami rasa cocok untuk di miliki oleh investor pemula. selain itu saham perusahaan ini pun bisa dijadikan sebagai disversivikasi portofolio untuk membangun portofolio saving.

Sekian lama kami berbicara panjang lebar . sepertinya untuk part 1 ini kami stop sampai disini dulu. untuk analisa saham terkait bisa kalian ajukan di info@temansaham.id . Semoga artikel ini bisa membantu teman – teman dalam memilih saham pertamanya dan jangan lupa pula tetap pantau di channel telegram teman saham untuk mengikuti update terbaru dari kami .

Salam Profit !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.