Sebentar lagi kita akan kedatangan salah satu klub sepak bola indonesia. Mereka akan segera menjual 2 milliar kepemilikan perusahaan tersebut ke publik. salah satu klub sepak bola terbesar di indonesia.

Sekaligus mereka menjadi yang pertama menjual saham mereka ke publik. Emiten sektor Olahraga dan Consumer ini menjual saham mereka sebesar Rp 175/ lembarnya. Perusahaan ini berubah menjadi Bali United semenjak 2014 dengan markas baru di Pulau Dewata.

Perusahaan Ini melaksanakan IPO bertujuan untuk pengembangan Stadion yang mereka miliki dan selebihnya untuk keperluan ekspansi bisnis perusahaan ini . Bali united memiliki stadion dan beberapa gerai penjualan cindera mata mereka. Setelah kami melakukan tukar pikiran bersama sahabat yang senang menyaksikan pertandingan bola. Bahwa peluang pendapatan perusahaan ini memang sangat lah besar.

Namun sampai kami menulis artikel ini , Prospektus perusahaan belum bisa kami dapatkan mengenai posisi laporan keuangan perusahaan dan bagaimana sistem pembagian deviden mereka.

Yang jelas menurut dari analisa tukar pikiran kami bahwa. Pendapatan terbesar perusahaan ini bisa bersumber dari penjualan tiket pertandingan . Ditambah perusahaan ini dimiliki oleh Pieter Tanuri salah satu pengusaha terkenal . Menurut beberapa portal berita, Pieter tanuri merupakan sosok dibalik kesuksesan Bali United dari Finansial hingga Marketing.

PT Bali Bintang Sejahtera Berdasarkan informasi kepemilikan setelah IPO nanti. 33,33 % saham ini akan di miliki publik . Dimana Pemegang saham utama yang kepemilikan di atas 10% hanya . PT Bali Peraga Bola Dengan jumlah kepemilikan setelah IPO sebanyak 16,67 % . Dan Pieter Tanuri sebanyak 13,44 %. namun jika di lihat pemegang saham di atas 50% atau bisa di katakan pengendali menurut kami masih belum terlihat.

Entah Pieter Tanuri atau pemegang saham lainnya kami masih belum menyimpulkannya. Sementara berdasarkan Executive Summary yang bersumber Kresna Sekuritas . Bahwa bisnis perusahaan ini bukan hanya di sektor bola saja .

Menjadi Percontohan Klub Sepak Bola Lainnya

menjadi salah satu penyelenggara toko Official Merchandise terbaik. Membawa PT Bali Bintang Sejahtera sebagai percontohan untuk klub – klub lainnya. PT Bali Bintang Memiliki 20 Official Merchandise store . Dengan komposisi 1 Toko besar dan sisanya adalah toko official kecil. Persib Bandung , PSM Makasar  menjadi salah satu klub yang belajar kepada mereka. Bagaimana mengelola dan menjalankan bisnis cinderamata ini . awal berdiri Bali united hanya memiliki 250M luas toko merchandise mereka. Namun sekarang sudah berkembang menjadi 1000 M .

Dengan adanya Official store mereka , Bisa menjadi pemasukan tambahan selain dari pertandingan bola . Karena setiap adanya pertandingan bergengsi penjualan cinderamata mereka melonjak. Menurut dari 1 berita yang kami baca bahwa ketika ada pertandingan di bali united stadium . Penjualan Merchandise bisa melonjak hingga Rp 50 juta .

Suporter Baik , Dan pemilik Fasilitas Lengkap

Tak hanya menjadi percotohan di sektor usaha. Tim sepak bola liga 1 ini menjadi salah satu pemilik fasilitas terlengkp di stadion. Ditambah suporter Bali united menurut kawan saya . Merupakan salah satu suporter yang loyal dan baik hati. Menurut teman yang saya suporter bali united sendiri pun jarang rusuh . sehingga ini bisa menjadi nilai plus bagi klub ini .

Kapasitas Stadion yang hanya 25.000 mungkin bisa menjadi tantangan bagi perusahaan. Karena selain pendapatan dari penjualan merchandise . Sponsorship , Hadiah dan Edorse. Pendapatan penjualan tiket bisa menyumbang besar.

Berdasarkan acara – acara pertandingan bola seperti itu . Kami melihat bahwa kebanyakan suporter klub sepak bola akan memenuhi stadion. Dan ini bisa menjadi sumber pendapatan PT Bali Bintang Sejahtera Tbk.

Tidak hanya sektor olah raga tersebut. Bali Bintang juga memiliki satu Playground besar seperti Time Zone. Dan Cafe modern. sehingga dari bisnis consumer seperti ini bisa menambah pundi – pundi pendapatan perseroan.

dan sekian lama kami bertukar pikiran kami yakin bahwa IPO perusahaan sepak bola ini bisa berpeluang. Dengan dibawah management Pieter Tanuri kami menaruh harapan klub ini bisa besar. karena berdasarkan data yang kami dapatkan dari Kresna Sekuritas. Asset Perusahaan ini memiliki asset 146,764,201,764 berdasarkan LK Desember 2018 .

Total Hutang ( Liabilities ) perusahaan berada di kisaran 28,394,895,959 per 2018.  dimana menurun dari total hutang 58,425,448,098 per 2017. pendapatan perusahaan ini pun meningkat sejak 2017 dimana hanya membubuhkan pendapatan bersih sebesar Rp . 426.527.815. Dan per desember 2018 perusahaan ini membubuhkan pendapatan sebesar Rp5.517.620.350. meningkat sebesar 1193,61% .

Kami pun semakin yakin dengan peluang perusahaan ini . Jadi buat kalian yang ingin memiliki perusahaan ini harap perhatikan beberapa poin dibawah ini :

  • Suporter
    • Mengingat ini adalah klub sepak bola bisa jadi jika ada kerusuhan atau sanksi yang diberikan terhadap perseroan akan berimbas terhadap harga sahamnya
  • Hadiah & Sponsor
    • Jika perseoran bisa memenangkan Laga Tanding & Sponsorship yang banyak bisa mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan & harga saham perseroan.

Mungkin hanya beberapa petik kata yang bisa kami sampaikan . Selalu perhatikan Fundamental dan keadaan perusahaan . Perhatikan Prospektus perusahaan ya. Artikel ini juga hanya opini kami yang bersifat Disclaimer On ya sobat.

Salam Profit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.