Satu lagi datang menjadi emiten baru di Bursa Efek Indonesia. PT Bliss Properti Indonesia. Resmi di perdagangkan di 10 Mei 2019 . Menjadikan saham perusahaan ini perusahaan pertama yang melantai di bursa pada bulan ramadham 2019.

PT Bliss Property Indonesia merupakan perusahaan Property pengembang Department Store atau Mall. Perusahaan ini baru Hadir pada 2011 atau istilahnya perusahaan ini juga masuk kategori baru . Perusahaan ini berfokus bisnis pada pengembangan mall yang ada di indonesia. Pada debut IPO kali ini . PT Bliss Property Indonesia menunjuk PT NH Korindo Sekuritas sebagai PEE & PPE . Harga penwaran saham perdana ini berada di Rp 150/Lembarnya .

Lalu bagaimana melihat peluang bisnis di perusahaan ini . Apakah peluang pembangunan Mall di Indonesia akan menjadi Penyumbang pendapatan terbesar bagi perusahaannya MR Benny Tjokro tersebut. Karena berdasarkan Informasi di Website resmi mereka bahwa POSA Groups sudah membangun beberapa mall di indonesia . yang pertama adalah AMBON CITY CENTER. yang Kedua adalah Ponorogo City Center, Selanjutnya ada Tanjung pinang City Center , Jambi City Center Dan Lombok City Center.

Namun ada 1 Kelolaan Mall dari PT Bliss Property Indonesia ini Di tutup. yaitu Lombok City Center. Emiten dengan kode POSA dalam papan Bursa ini . Menggunakan Laporan Keuangan Full Audited 2017. Dalam Laporan Keuangan yang kami dapat dari OLT PT Indopremier Sekuritas . Bahwa perusahaan ini mengalami kerugian 23,3 B. Dengan total Revenue sebesar 88,3 B . Saham POSA sendiri pada hari ini Senin 13/5 Diperdagangkan menguat sebesar 24,4% dengan harga tertinggi adalah 316.

Sebelum kami lebih lanjut melakukan analisa pertama. Kami akan melihat prospektus perusahaan ini bagaimana . Di dalam struktural pemegang saham. PT Bliss Property Indonesia dipegang oleh PT. Bintang Baja Hitam , PT BS Investasi Pratama dan Beny Tjokrosaputro . Dengan Masing – Masing kepemilikan sebesar 6.683.860.000 lalu 10.000 dan 5.000.000. Semua hasil dari pelepasan saham ini akan di gunakan modal kerja perseoran dan Modal kerja anak usaha perseroan. Dimana di antaranya di gunakan untuk penyelesaian Jambi City Center dan Renovasi Mall Lombok City Center.

Dan dalam kebijakan Deviden berdasarkan prospektus. Perseroan Baru akan melakukan pembagian deviden di Tahun 2027. Dengan Rasio sebanyak – banyakanya adalah 30% dari pendapatan perseroan di tahun buku 2026.

Lalu bagaimana peluang bisnis perushaan ? apakah akan bisa menghasilkan pundi – pundi uang di bagi investornya ? mengingat berdasarkan kebijakan deviden perseroan bahwa perusahaan ini baru bisa menghasilkan kinerja positif setelah 7 tahun listing di bursa efek indonesia.

Bisnis Mall yang dijalani perusahaan nampaknya masih dalam tahap berkembang. Dimana dengan tidak beroprasinya Lombok City Center menjadikan beban opearsional perseroan. Menurut sumber yang kami baca Lombok City Center berheti beroperasi dikarenakan penurunan dan tidak adanya perkembangan . Dimana banyak gerai yang menutup bisnisnya di sana.

Dan sekarang PT Bliss Property Indonesia Tbk baru akan menyelesaikan atau finishing Mall Jambi City Center . Dilihat dari rasio hutang terhadap modal . Atau Debt Equity Ratio perusahaan ini kami nilai belum bagus untuk di investasikan. dimana berdasarkan perhitungan OLT Sekuritas Rasio hutang berdasarkan Laporan Keuangan 12 Bulan . Berada di Sekitar 7,13x . Ini sungguh besar sekali dimana Rasio Hutang lebih besar daripada modal kepemilikan yang di setor penuh oleh perseroan.

Namun Kita Sebagai Investor harus wajib mengedepankan informasi yang dimuat di prospektus perseroan. Jangan sampai kita membeli saham tanpa melakukan analisa yang diberikan informasi perusahaan. Demi kenyamanan kita dalam berinvestasi saham tersebut.

Mengingat perusahaan ini masih kami kategorikan dalam perusahaan Bertumbuh. Dengan menimbang harga saham yang sudah terlalu tinggi. Kami memberikan Rekomendasi NETRAL terhadap saham ini . Semoga analisa kami dapat membantu dalam menentukan apa yang harus di lakukan.

Ingat artikel ini sifatnya Disclaimer On maka kami tidak bertanggung jawab atas apapun yang di alami oleh teman – teman semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.