Bermunculannya indeks syariah menjadi awal mula banyaknya investor muda di indonesia. Dengana kampanye “Yuk Nabung Saham “ sekarang investor di indonesia sudah bertambah menjadi 200.000 . Di iringi dengan kesuksesan kampanye nabung saham oleh BEI . Ini pun menjadi awal terbentuknya KSPM ( Kelompok Studi Pasar Modal ) yang di bina oleh para anggota bursa efek indonesia.

Dengan semakin maju teknologi dan persaingan bisnis yang sesuai dengan syariat agama islam , Indeks Saham Syariah menjadi pilihan para investor muda untuk di investasikan . Namun sayangnya di dalam indeks saham syariah banyak sekali saham – saham yang masuk kedalam zona merah. Dimana ada yang memiliki fundamental & kinerja perusahaan yang tergolong kurang sehat.

Padahal jika di takar – takar perusahaan yang tergolong di dalam syariah memiliki peluang bisnis yang sangat bagus. Jika di kaitkan dengan masyarakat indonesia sekarang. Yang mayoritas adalah beragama muslim , ini bisa menjadi kekuatan ekonomi yang sangat besar .




Namun yang namanya investasi kita harus benar – benar jeli memilih perusahaan yang akan di pilih . berikut adalah 6 Pilihan saham syariah yang bisa untuk kita investasikan dalam jangka waktu yang lama. Kami menimbang dari segi Investor report & Peluang bisnis perusahaan tersebut. Jadi silahkan kalian cek kembali untuk segi investasi mereka dan peluang di masa mendatang. Kami menggunakan sumber dari Indopremier Sekuritas & StockBit. Apabila ada perbedaan data , silahkan kalian cross check kembali terhadap data yang ada ke sumber yang saya sebutkan tadi.

  1. TLKM ( PT Telekomunikasi Indonesia ( Persero ) Tbk )

PT Telekomunikasi Indonesia ( Persero ) Tbk adalah perusahaan yang berbasis teknologi. Dari sisi peluang bisnis yang di jalankan oleh PT Telekomunikasi Indonesia. Memiliki peluang besar yang sangat bagus. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan Virtual Compute yang semakin bagus. Kebutuhan akan Penyimpanan online & data menjadikan bisnis PT Telekomunikasi indonesia masih sangat bagus . Telekomunikasi indonesia merupakan pelopor jaringan di indonesia. Dimana mereka membetangkan kabel serat optik mereka dari singapura hingga indonesia. Jika dilihat – lihat dari infrastruktur yang dibangun , ada 2 pelopor jaringan internet yang kami ketahui dan itu semua merupakan pelopor jaringan internet dari backbone pusat Singapura & Indonesia. yaitu adalah PT Telekomunikasi Indonesia & PGAS Internasional Pte Ltd bersamaan dengan PT PGAS COM. Jika kalian ketahui . Dimana mereka sebagai pemilik kabel Fiber Optik banyak di gunakan juga oleh perusahaan – perusahaan penyedia internet swasta di indonesia. Oh iya , mungkin bagi kalian tak asing lagi dengan kode PGAS dimana mereka adalah bisnisnya Gas. Tapi jangan salah , jika PGAS juga punya perusahaan telekomunikasi yang jalur kabel mereka mengikuti jalur pipa Gas mereka.

Di atas merupakan Laporan Keuangan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk , jika dilihat dari report Laporan keuangan 9 Bulan . Kami menilai perusahaan ini masih sangat – sangat sehat sekali. dari mana kami bisa menilai perusahaan ini sehat ?. DER , dimana rasio hutang perusahaan ini masih terjaga dengan sangat baik . Ditambah harga saham yang belum terlalu mahal dari harga bukunya . Return investasi juga masih berada di posisi sehat. Adakalanya jika kita menginvestasikan di perusahaan ini dalam jangka waktu lama.Untuk di ketahui saja PT Telekomunikasi Indonesia memiliki produk bisnis antara lain :

  • Layanan Data Internet ( ASTINET , INDIHOME , SPEEDY )
  • Layanan Data Center ( Virtual Compute )
  • Retail Service
  • Dan masih banyak lagi

2. Aneka Tambang ( Persero ) Tbk 

Aneka Tambang menjadi pilihan kedua kami , dimana bisnis perusahaan ini dinilai masih menjadi trend untuk masa mendatang. Karena di indonesia sendiri kebanyakan para ibu – ibu sosialita senang membelanjakan uangnya untuk mengikuti gaya . Gaya yang dimaksud disini adalah memiliki emas batangan . namun tak hanya emas batangan saja yang di produksi oleh Aneka Tambang . Mereka juga memproduksi hasil tambang Nikel , Bauksit dan Batubara. Dengan menjadikan Inalum ( Indonesia Asahan Alumunium Tbk ) sebagai leader of Mining Company milik BUMN , Menjadikan ANTAM memiliki kinerja yang kami perkirakan akan semakin bagus. Ditambah dengan bergabungnya PT Freeport Indonesia yang kabarnya akan di kelola oleh ANTM Menjadi nilai plus bagi perusahan tambang negara ini .




Dari investor report base Laporan keuangan Tahun 2018 Kuartal 3 . Keadaan Finansial ANTM masih tergolong sehat. Kembali lagi ke Deviden . Karena untuk mendapatkan Capital gaind dari pergerakan saham ini kami rasa butuh waktu yang sangat lama. Karena historis harga saham ini tercatat sangat pelan naik dan pelan turun. Dan dari informasi yang kami dapatkan . Pemegang saham ANTM ini kebanyakan adalah corporate atau orang – orang yang hanya menginginkan imbal hasil deviden dan mereka sedikit tidak menghiraukan akan pergerakan harga saham ini .

3. KLBF ( PT Kalbe Farma Tbk )

PT Kalbe Farma Tbk menjadi salah satu perusahaan produksi kebutuhan farmasi di indonesia. Kalbe Farma menjadi perusahaan farmasi dengan memiliki banyak anak usaha. Kalbe Farma sendiri melebarkan industri farmasi nya ke sektor industri biofarma yang di jalankan oleh PT Kalbio Global Medika Indonesia . Dimana jika perusahaan Kalbio ini sudah benar – benar produksi masal . Ini bisa menjadi benefit bagi Kalbe Group tersebut. Dan berhubung indonesia memiliki masyarakat yang sangat banyak . Bisnis farmasi di indonesia menjadi pasar yang paling menarik. Karena masyarakat indonesia yang semakin melek akan kesehatan pasti memiliki persediaan obat untuk antisipasi. Jadi dengan market outlook yang bagus , peluang perusahaan ini pun masih sangat bagus.

Yupss jika kita lihat dari Investor Report . Dalam rasio keuangan yang banyak di gunakan saham KLBF sendiri masuk kedalam kategori yang cukup sehat. Rasio hutang yang relatif kecil dan Keuntungan investasi  yang besar menjadikan saham klbf ini menjadi pilihan untuk di tabung. Dari saham ini pun kita bisa mendapatkan Capital Gain dan juga Deviden .

4. INDY ( PT Indika Energy Tbk )

Sebagai perusahaan tambang yang memiliki banyak sekali anak usaha, membuat INDY menjadi perusahan yang menurut kami cocok untuk disimpan. dengan banyaknya anak usaha yang dimiliki menunjukan tekad Indika Energy untuk besar sangat kuat. PT Mitrabahtera Segara Jati Tbk , PT Petrosea Tbk menjadi tujuan yang sudah di terapkan oleh INDY . kenapa kami memilih indy ? dan tidak PTBA ? . Kami menilai INDY menjadi perusahaan tambang yang paling bagus dari semuanya. Karena sudah melistingnkan Anak usaha di bursa efek indonesia. Namun jika dilihat dalam beberapa waktu ini harga batubara merosot dalam . Namun dari segi long term saham ini masih bagus.

Dilihat dari laporan keuangan INDY masih berada di dalam fase Undervalue. Dimana harga normal saham tersebut ada di harga 3000. Dan pada riwayat harga perdagangan . Saham ini bisa ke 3000. dan dilihat dari fundamental perusahaan ini masih dalam fase recovery.

5. PTPP ( PT Pembangunan Perumahan ( Persero) Tbk

PTPP merupakan perusahaan property yang memiliki banyak anak usaha. Dari semua perusahaan BUMN yang listing di bursa efek indonesia. Seperti WSKT , WIKA , ADHI dan PTPP hanya PTPP yang memiliki prospek bagus. Dimana mereka melakukan ekspansi kerja hingga luar negeri dan tidak bermain banyak dalam sektor infra yang sedang di bangun. Melihat pencapaian kontrak baru yang baru di raih ahir tahun ini , kami menilik jika saham PTPP ini masih sangat berpeluang pesat untuk naik dalam waktu dekat.

PTPP merupakan perusahaan berbasiskan penyedia jasa konstruksi dan investasi. Dilihat dari fundamental perusahaan ini masih lebih bagus dari perusahaan – perusahaan konstruksi lainnya. dari DER memang perusahaan konstruksi memiliki DER diatas 1,5 x dimana penggunaan dana hutang tersebut sebenarnya digunakan untuk membiayai konstruksi mereka yang sedang berjalan.  Dan untuk PTPP sendiri kami memberikan rating BUY semenjak beberapa waktu lalu

6. BRIS ( Bank Rakyat Indonesia Syaria ) Tbk

Bank Rakyat Indonesia Syariah menjadi perusahaan financial syariah yang listing di bursa dalam beberapa pekan ini . Ekonomi syariah dimana menjadi kekuatan di tahun 2019 menjadikan BRIS masuk kedalam Indeks TESA Syaria 6. Peluang ekonomi syariah menjadi pertimbangan kami untuk memasukan dia didalam indeks ini . Menjadi salah satu bank syariah yang listing selain BTPS , PNBS . Ditakat dari segi trend masyarakat. Banyak yang sudah bergeser menggunakan prinsip syariah. Dari membeli rumah baru , Mobil baru hingga lain – lainnya. Dan kabar baiknya Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk ingin dikuasai saham yang dijual ke publik oleh PT. Veritra Sentosa Internasional melalui anak usahanya di bidang investasi PT Paytren Assets Management. Tujuan mereka melakukan pembelian saham bank syariah adalah untuk mempermudah transaksi pada fintech Paytren mereka dan dalam waktu dekat nanti juga PT Veritra Sentosa Internasional akan melakukan pembelian saham Bank Muamalat untuk menunjang kegiatan aplikasi mereka.

Dan dilihat dari fundamental perusahaan . BRIS memang masih dalam taham perkembangan seperti induk usahanya. Pelambatan industri syariah mungkin masih belum sadarnya para milenial untuk beralih ke sistem syariah. Dan dalam beberapa tahun kedepan bank syariah akan mengalami perkembangan yang sangat pesat.




 

Alhamdulilah dengan begitu Selesailah Indeks Syariah 6 yang kami buat ini . Semoga bisa membantu sahabat semua untuk memilih sektor investasi yang tepat. Dimana ini menjadi Kado Ahir tahun untuk teman saham Setelah 2 Indeks kemarin mengalami profit yang alhamdulilah bisa untuk menjadi modal kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.