Pada hari ini , 28 September 2018 ada pencatatan saham baru dari Group PT Sentul City Tbk. Yaitu PT Natura City Development dengan kode emitmen adalah CITY . Ada kabar baik untuk saham PT Natura City Development sendiri, Mereka menjadi emiten tercatat ke 600 di bursa indonesia. PT Natura City Development sendiri merupakan emiten yang bergerak di bidang property seperti induk usahanya yaitu PT Sentul City Tbk.

Di Bursa sendiri banyak emiten sektor property mencatatkan saham mereka. Seperti PT Sentul City Tbk ( BKSL ), PT Sumarecon Agung Tbk ( SMRA ), PT Pakuwon Jati Tbk ( PWON ), PT Agung Podomoro Land Tbk ( APLN ) Dan masih banyak lagi. Dilihat dari peluang kerja property sepertinya untuk jangka pendek belum bisa menghasilkan apa pun untuk di investasikan . Berbeda halnya jika kita membeli property yang mereka bangun seperti rumah ataupun apartemen. Dalam jangka beberapa bulan pun sudah menghasilkan cuan untuk kita sebagai pemilik. But its not bad untuk melirik saham sektor property.




Why kami tidak berbicara jelek mengenai saham sektor property ditengah lesunya permintaan property akibat dollar naik belakangan ini ?. Coba kita berfikir kasarnya saja . Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang banyak. Di kota – kota besar menjadi pusat fokus mayarakat – masyarakat indonesia. Dari segi ini saja kebutuhan akan property semakin banyak. Contohnya para orang – orang berduit pasti mereka kebanyakan akan menginvestasikan uangnya di sektor property . Lalu mereka akan menyewakan property mereka kepada orang yang membutuhkan. So dilihat dari garis besarnya saja sebenarnya sektor property memang banyak menjadi primadona masyarakat indonesia.

Nah bagaimana peluang saham PT Natura Citra Development ini dengan meninjau Prospektusnya ?. ditinjau dari prospektus kami merasa dana hasil IPO kebanyakan di gunakan untuk pembayaran hutang perseroan. Adapun berikut adalah tujuan perseroan melakukan IPO ini .

  • Sekitar 72 % hasil penawaran umum ( IPO ) dana yang didapat akan digunakan untuk membayar hutang perseroan sehubungan dengan pengembangan usaha, Hutang perseroan tersebut kepada PT Surya Cipta Utama (SCU) sebesar Rp 214.034.210.526
  • Sekitar 20% hasil penawaran umum ( IPO ) dana yang di dapat akan di gunakan untuk pembelian lahan baru untuk ekspansi bisnis PT Natura Citra Developmen yang berlokasi di serpong natura city ataupun kawasan yang lain.
  • dan sisanya sebesar 8% hasil penawaran umum ( IPO ) dana yang di dapat akan digunakan untuk modal kerja perseroan. Seperti pembayaran kontraktor , gaji karyawan dan sebagainnya.

Dilihat dari hasil dana IPO yang digunakan kebanyakan untuk pembayaran hutang, bagi kami ini sudah di luar radar pencarian saham IPO kami. Ditambah pembukaan harga di Rp 120/lembarnya sekarang sudah melonjak ke harga Rp 204 /lembarnya. Efek saham IPO belakangan ini sangat banyak di cari oleh ARA Hunter atau Trader dikarenakan saham – saham IPO bisa ARA berkali – kali. Namun disini kami akan membahas apakah saham CITY layak untuk disimpan ?.

PT Natura City Developmen sebelumnya dimiliki oleh PT Sentul City Tbk sebesar 99,25 % kepemilikan & PT Surya Cipta Utama sebesar 0,75% porsi kepemilikan. Namun Pemegang mayortias utama saham perseroan yaitu PT Sentul City Tbk pada event ipo kali ini melepas sebesar 49,15 % sahamnya untuk di jual kepublik. Menindak lanjuti dana hasil IPO tersebut, mereka melakukan pembayaran hutang yang digunakan untuk pembelian lahan terhadap PT Royal Ostrindo , PT Swakarsa Wira Mandiri & PT Aspariant Kemakalindo.

Dilihat dari keadaan Finansial perusahaan , Dimana kami berpacu terhadap EPSnya saja, Saham PT Natura City Developmen ini mengalami penurunan jumlah EPS. Sebagaimana di lampirkan dalam Laporan keuangan perusahaan tersebut. menurut kami secara garis besar, jika suatu perusahaan mengalami penurunan EPS biasanya berimbas terhadap Profit perusahaan yang menurun juga. Biasanya perusahaan yang mengalami penurunan profit menunjukan jika perusahaan tersebut mengalami penurunan marketing. Namun bagi kami berbeda dengan saham sektor property seperti ini.

Why ? bukannya biasanya akan berakibat para investor menghilang ? . Nah untuk property seperti CITY ini kami rasa masih akan memberikan imbal balik yang bagus setelah IPO ini . Karena secara prospektus yang di berikan menunjukan jika PT Natura City Developmen sedang melakukan ekspansi menambah land bank untuk tahun kemudian. seperti yang sudah kami utarakan di atas jika return saham property belum bisa di nikmati dalam waktu dekat nanti . Jadi jika kalian ingin berinvestasi di sektor property bisa memikirkan baik – baik apa yang kalian pilih.

Berikut di atas merupakan tampilan laporan keuangan saham PT Natura City Development . Oke jadi sebelum kalian menjadikan CITY untuk Investasi silahkan cek semua aspek yang harus diperhatikan.

Sebelum selesai artikel ini di tulis , Kami inging mengajak kawan – kawan semua untuk berkenalan dengan para struktur management PT Natura City Development. Berdasarkan data yang kami dapat dari prospektus saham CITY, Dimana Direktur Utama dijabat oleh Mr Elfi Daris lalu dibawah nya ada Direktur yang di isi oleh Mr Jose Francis Berces Acantilado Dan Setelah itu ada Direktur Independen Eric Effendy. Selain direktur ada juga jajaran komisaris dari PT Natura City Development ada Mr James Frederick Kumala sebagai komisaris utama , lalu ada Yuli Dwi Kusmadi & Djajady Pandjiwijaja.




Oke mungkin artikel ini sampai disini dulu. Dan dengan ini kami akan memberikan rekomendasi terhadap saham CITY ini adalah TRADING BUY SHORT Term. Jangan lupa untuk ikuti kami di telegram atau Group publik kami salam cuan semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.