.yah belakangan ini lagi ada barang bagus untuk IPO. Yaitu PT Garuda Food Putra Putri Jaya yang akan melaksanakan IPO pada 10 oktober 2018 . Sebelumnya kami sudah melakukan analisa bisnis perusahaan tersebut mengenai produksi dan peluang apa lagi yang masih mereka miliki. Dan sekarang saya akan mencoba menelisik prospektus saham Garuda Food ini dikarenakan baru ada waktu sekarng. Untuk yang belum membaca postingan di awal bisa menuju ke sini

BACA Juga : Garuda Food Akan IPO , Bagaimana Prospeknya ?

Setelah kemarin kami melakukan review singkat mengenai Garuda food , sekarang kami akan mencoba menuliskan secara lengkap mengenai PT Garuda Food PPJ Tbk setelah mendapatkan prospektusnya. Oh iya berhubung perusahaan ini baru akan melaksanakan IPO dan menjadi perusahaan terbuka maka dari itu kita harus pandai – pandai dan paham dalam membaca prospektus saham ini .




Pendirian awal perseroan dimulai ketika Mr Darmo Putro dengan PT Tudung dengan memproduksi tepung tapioka yang berlokasi di Pati , Jawa Tengah . Pada tahun 1994 perseroan didirikan di bawah PT Tudung Putra Jaya atau disingkat “TPJ”. Hebatnya pada masa krisis 1997 , Perseroan bisa melakukan ekspansi bisnis dengan melakukan pembukaan perusahaan baru di Gresik , Jawa timur. PT Garuda Food PPJ Tbk sendiri memiliki beberapa merk bisnis yang sangat terkenal di kalangan masyarakat indonesia. Seperti

  • Gery
  • Kacang Garuda
  • Chocolatos
  • Leo
  • Clevo
  • Dan masih banyak lagi

Kapasitas produksi PT Garuda Food Ini per 30 April 2018 adalah 249,528 Ton setiap tahunnya. Berdasarkan Prospektus yang kami dapatkan jika prospek saham garuda food masih akan cerah dalam beberapa waktu kedepan. Dimana pertumbuhan pasar sektor cemilan seperti biskuit naik 5% lalu Sncak naik 8% . Melihat pertumbuhan ini Garuda Food bisa dibilang masih berpeluang mengapatkan keuntungan bisnis yang baik di pasar ASEAN.

 

Penjualan Saham ke Publik

Di Sesi ini kami akan memberikan informasi mengenai penjualan saham ke publik. PT Garuda Food PPJ tbk akan menjual saham ke publik sebanyak 35.000.000 lembar saham. Dimana ada kata MCB  PELICAN . Setelah menelaah lebih dalam dimana Garuda Food akan menjual saham 35.000.000 jika di konversikan kedalam lot maka saham yang beredar di publik adalah 350.000 Lot saja & ada 727.841.290 lembar saham konversi dari obligasi tanpa bunga dengan pihak pelican. sett setelah kami membaca pada tahap ini . Kami merasa aneh, Dimana yang namanya Obligasi pasti akan ada bunga yang di berikan , tidak akan ada investor yang mau beli obligasi tanpa ada return nya ? benar bukan ? tolong dikoreksi di kolom komentar. Dalam tahapan ini kami sedikit menaruh curiga terhadap pihak Pelican ini , Siapa dia dan apa hubungannya dengan pihak PT Garuda Food PPJ.

Di dalam MCB Pelican Sendiri melakukan konversi obligasi tanpa bunga mejadi lembar saham sebanyak 727.841.290 lembar dengan harga perolehan di Rp 1.284,62 / lembarnya jika kita masukan kedalam satuan lot maka pihak pelican memiliki saham dengan jumlah 7.278.412 . Nah kalian tinggal menghitung berapa asset mereka. Dimana masyarakat nanti hanya akan memiliki 0,47 % dari total saham yang ada. Menurut kami Sedikit sekali , Jika di bandingkan dengan PT Unilever Indonesia Tbk saham yang di jual pihak garuda Food akan sedikit sekali. Dan So pasti kita akan berebut membeli saham yang jumlahnya 350.000 lot itu.

Dan sampai sini kami sudah paham bagaimana alurnya, so kami akan berhati – hati saat berinvestasi di saham sektor ini dikarenakan 0,47% kepemilikan publik. Kenapa kami berhati – hati, Ketika perusahaan mengalami masalah dan ada action yang di lakukan perusahaan bisa di pastikan jika 0,47% pemegang saham publik akan kalah dengan para pemegang saham mayoritas. Maka dari sini lah kami akan berhati – hati ketika berinvestasi.

Tak berhenti disitu saja kepemilikan 0,47% saham masyarakat umum akan di kurangi kembali sebanyak 0,04%. Dimana jumlah besarannya adalah 3.500.000 lembar saham atau jika di jadikan lot adalah 3500 lot. So far yang tadinya 350.000 lot akan di kurangi dengan 3500 lot maka saham yang bisa kita beli adalah 346.500 lot saja. It show time siapa yang bisa memiliki saham Garuda Food ketika IPO.




Setelah kami melihat dari jumlah saham dari adanya konversi atas hak Pelican dan karyawan perusahaan , Kami akan melanjutkan menuju Kinerja Keuangan perusahaan. dan untuk Kesimpulannya dari MCB Pelican hingga potensi bisnisnya.

 

Posisi Keuangan perusahaan

PT Garuda Food PPJ sendiri termasuk kedalam perusahaan multi nasional. Dimana dana hasil IPO nantinya akan digunakan untuk menambah modal kerja perseroan. Biasanya jika dana hasil IPO digunakan untuk modal kerja maka Investor akan sangat antusian dalam membeli saham IPO tersebut. PT Garuda Food PPJ sendiri masuk ke dalam produk consumer dimana , pada prospektus dituliskan jika pendapatan Garuda Food PPJ sendiri bervariasi. Mulai dari Pendapatan Musiman dan masih bayak lagi.

Nah setelah kami baca – baca prospektus , untuk masalah MCB Pelican kami tidak menemukan bahwa dia memiliki hubungan Afiliasi dengan pihak PT Garuda Food PPJ , dan kecurigaan kami pun masih belum terjawab. Namun kami sendiri juga membeli saham PT Garuda Food PPJ di masa book building oleh Sekuritas yang sudah di tunjuk yaitu PT Indopremier Sekuritas.

Saran dari kami sebelum melakukan pembelian saham IPO . yaitu

  1. Baca Prospektus saham tersebut dengan Saksama
  2. Telisik bisnis yang dilakukannya
  3. Cek Finansial perusahaannya

Jangan lupakan ketiga saran kami di atas, Dikarenakan jika kita hanya mengikuti trend membeli dan pada ahirnya kalian nyangkut di harga tinggi dan menjadi stress. Walaupun memang saham PT Garuda Food sendiri akan berpeluang terbang hingga harga tinggi, Ditambah Saham yang di terbitkan oleh perusahaan sangat sedikit juga,

yang penting tetap berhati – hati , karena MCB Pelican memiliki harga per lembar Rp 1284 , Jadi jika MCB Sudah mulai cicil Jualan , biasanya harga saham akan berangsur” menurun . Tetap gunakan analisa – analisa andalan sebelum membeli ya.

 

jika kalian ingin berkomunikasi dengan kami kalian bisa ke Group publik kami atau Channel Publik kami di telegram




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.