Patokan Seorang investor di pasar modal salah satunya adalah EPS ( Earning Per Share ) dimana ukuran nilai besaran EPS menjadi dasar investor untuk membeli saham tersebut. EPS Sendiri digunakan untuk mengukur seberapa besar keuntungan yang di dapat oleh investor tersebut. Sebenarnya banyak faktor – faktor yang harus di perhatikan untuk mengambil langkah untuk investasi. Seperti ROE , ROA , DY , PBV , BV dan masih banyak lagi.

Namun disini kita akan belajar untuk menghitung nilau EPS Suatu emitmen perusahaan yang ada di Bursa Efek Indonesia. Dan analisa ini bukan digunakan untuk main saham yah, disini kita bicara untuk Investasi di sektor saham . Karena jika kalian anggapnya main , suatu saat pasti ada game overnya.




EPS ( Earning Per Share ) Sendiri biasanya sudah di tampilkan pada laporan keuangan perusahaan yang ada. Namun kebanyakan mereka belum menuliskan nilai EPSnya pada laporan keuangan yang ada. Disitulah kita harus menghitung Nilai EPSnya sendiri .

Namun jika di LK perusahaan yang sudah tertera nialai EPSnya dan kalian mencoba menghitung kembali, Namun memiliki hasil yang berbeda. Bisa jadi kalian salah dalam mengambil data dari jumlah saham beredar ataupun jumlah laba bersih pada laporan keuangan tersebut.

 

Rumus Perhitungan EPS

Dikarenakan kita mencari laba setiap lembar saham , maka dari itu kita harus tau berapa total jumlah saham yang beredar di publik. Untuk data tersebut kalian bisa mengeceknya di idx.co.id untuk jumlah saham mereka. Lalu rumus untuk menghitung EPS adalah sebagai berikut.

 

EPS = Laba Bersih / Jumlah Saham  Beredar

 

Dimana laba bersih bukanlah pada point laba bersih perusahaan, laba bersih disini adalah “Laba Bersih yang dapat di Atribusikan kepada …..” pada point itu yang kita gunakan. Lalu bagaimana menghitungnya ?




Contoh soal

Suatu emitmen PT Kutunggu Jaya dengan kode saham KUJA jumlah saham beredar mereka adalah 60.000.000 dengan laba bersih yang bisa di atribusikan kepada pemilik atau pemegang saham sebesar 898.000.000.000. Lalu berapa nilai EPSNya ?

perhitungan nya adalah sebagai berikut

EPS = 60.000.000 / 898.000.000.000 = Rp 14.966 / lembarnya

nah mungkin perhitungan akan EPS sampai disini dulu belajar perhitungan kita, lain kali jika ada waktu kami akan share . Semangat belajar

 

Jangan lupa ikuti kami di channel telegram atau group publik kami untuk info lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.