Selamat malam semua. Kembali lagi bersama Teman Saham, Kali ini kami akan membahas emitmen jasa transportasi pegiriman batubara. yaitu TPMA atau bisa di sebut PT Transpower Marine Tbk. Kami mengangkat Topik Saham ini dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan banyak sekali perusahaan tambang batu bara. Utamannya di Kalimantan.

Sebenarnya banyak perusahaan yang memiliki bisnis seperti TPMA ini . Contohnya SOCI , PSSI  dan yang lain”nya. Kami memilih TPMA dikarenakan mereka masih Undervalue dan dilihat dari segi Peluang bisnis dan Fundamental saham ini layak untuk di simpan juga.

Potensi Bisnis Transportasi Perkapalan

Potensi bisnis deliveri batubara atau sejenisnya masih sangat besar potensinya di indonesia. Karena Banyak perusahaan Batubara di indonesia memiliki perusahaan di tengah hutan rimbun ataupun dekat aliran sungai. Dimana penggunaan pengiriman darat bisa memakan jarak hingga berhari – hari untuk menuju lokasi pengiriman. Disini lah peran vendor pengirim batu barra. Perusahaan batubara tinggal membuat sebuah dermaga muat utuk batu bara di sungai dekat pusat pertambangan. Jadi dengan begini kegiatan logistik batu bara akan segera tersalurkan terhadap customer – customer. Lalu kenapa mereka tidak menggunakan transportasi darat saja ?. Pengalaman saya , Setelah berkunjung di salah satu perusahaan batubara di daerah jambi, Jika perusahaan menggunakan transportasi darat maka cost yang di keluarkan sangat besar , bisa – bisa lebih besar dari cost menggunakan kapal tongkang . Jadi selama sektor mining ini masih berproduksi maka sektor marine ini masih akan terus bernafas.




Dilansir dari Merdeka , Bahwa potensi bisnis perkapalan di indonesia sendiri masih memiliki peluang USD 20 Milliar. Nilai yang sangat besar sekali ya. Dibarengai juga dengan sinergi pemerintah untuk sektor energi maka, Vendor – Vendor penyedia jasa pengiriman batu bara melalui laut akan bersemangat memberikan hasil yang terbaik.

Jadi menurut Pandangan kami , Sektor transportasi batubara masih sangat menjanjikan untuk di lirik. Terlebih TPMA ini .

Kenalan Sama TPMA si Kapal Sexy

Transpower Marine Tbk atau bisa di sebut juga TPMA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang marine service. mereka berdiri pada 24 Janurari 2005. Transpower marine berfokus pada pengiriman coal dan sejenisnya menggunakan barge . Transpower sendiri sekarang sudah memiliki 60 pasang tug boat dan barge. Ditambah mereka juga memiliki Crane Barges yang dapat digunakan untuk memindahkan batu bara dan yang lainnya di laut. Customer – Customer Transcoal Marine ini meliputi Adaro Indonesia Tbk, Jorong Barutama Kreston , Trubaindo , Pipit Mutiara Jaya, Baruna Dirga Jaya, Mitsui Co Ltd , Krakatau Stell dan masih banyak lagi. Dilihat dari customer -customer nya TPMA memiliki peluang untuk terus menghasilkan laba. Dimana sekarang Harga Batu Bara sedang berada di tingkat tinggi . pasti Akan banyak sekali customer – customer yang akan terus menerus ekspor.

Wilayah kerja TPMA sendiri sudah mencakup 1 Indonesia ditambah menyasar daerah Filiphina



Fundametal Overview

Dari sisi Fundamental Overview Saham TPMA masuk kedalam kategori undervalue. Dari LK yang saya lihat TPMA masih belum dilirik para Investor . Secara bisnis TPMA sendiri memiliki peluang yang sangat bagus dalam jangka sekarang ini. Dilihat dari Segi Fundamental TPMA sendiri memiliki kinerja yang bagus. Dilihat dari geografis indonesia yang sebagian besar wilayahnya adalah lautan dan terdiri dari kepulauan. Jadi ini masih akan mendukung kegiatan perkembangan mereka.

Laporan keuangan TPMA YOY

Laporan Keuangan TPMA Quarter 6

Dilihat dari laporan keuangan yang ada dari Q4 maupun Q2nya TPMA mengalami perbaikan FA secara perlahan – lahan. Pertama bisa kita lihat dari PER , ROE , EPS dan PBV menjadi pusat perhatian kami. PER perusahaan pun terlihat ada perbaikan signifikan . ROE ( Return On Equity ) pada saham TPMA pun mengalami perbaikan. So saham ini sebenarnya sedang melakukan perbaikan pekerjaan. Layak untuk di simpan dalam jangka pendek terlebih dahulu.

BV ( Book Value ) saham TPMA adalah 401.53 untuk saat ini . Dimana PBV Saham TPMA 0.71x saham ini masih tergolong murah dari harga normalnya. Saham – Saham Undervalue seperti ini masih sangat dimanati Bandar untuk Jangka Pendek . Jadi Kami merekomendasikan untuk AKUMULASI .

Jangan Lupa ikuti kami di channel telegram untuk info terbaru atau group publik kami

Disclaimer
Analisa ini kami buat untuk membantu kawan - kawan menentukan arah, jadi kami tidak bertanggung jawab
atas kegagalan atau kerugian investasi di saham ini. Semua data yang ada disni di dapat dari LK
Perusahaan dan di olah dari Aplikasi Online Trading Broker kami yaitu Indopremier Skuritas.
Ini bukan merupakan ajakan beli saham ini . Harap untuk melakukan Analisa Kembali Sebelum membeli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.