Jika anda adalah salah satu day trade pasti sekarang anda sedang melihat JKSE atau IHSG atau Composite indeks sedang berada di level 6000 lebih. Dimana sebelumnya IHSG atau COMPOSITE atau JKSE berada di level 5600 beberapa waktu lalu. Dari foregin flow terlihat ASING atau Foregin sedang melakukan aksi Distribusi barang .

Kami selalu memperhatikan pergerakan foregin flow dalam IHSG. Karena dimana banyak yang percaya jika penggerak market terbesar adalah para foregin . Banyak juga yang percaya jika Foregin membeli suatu saham , Maka harga saham tersebut akan naik.

Upss tidak begitu, nyatanya Domestic Investor bisa juga membuat harga saham naik . So Disini saya akan mencoba melakukan analisa – analisa kenapa Foregin investor banyak mencabut dananya dari bursa indonesia. Sebelumnya jika kalian suka dan ingin mendukut teman saham untuk terus memberikan analisa – analisanya . Maka kalian bisa bantu share artikel – artikel kami ke kawan – kawan kalian.

Dari data yang kami pantau selama live bursa . Asing sudah banyak melakukan Net Sell. sampai hari ini saja Asing masih mencatatkan Net Sell . Aksi Net Sell tersebut kami duga bahwa mereka sedang mengatur ulang portofolio investasi mereka. Karena Indeks MSCI ( Morgan Stanley Capital Internasional ) melakukan rebalancing Indeks. Dimana komposisi saham – saham IHSG banyak yang tergusur oleh Indeks China. Sampai Hari ini saja Asing mencatatkan net Sell hingga 650 Billion.

Gambar di atas merupakan Rincian transaksi Indeks IHSG hari Jumat 10 Agustus 2018. Pada hari ini Asing masih mencatatkan Net Sell 650 Billion. Penutupan IHSG hari ini ditutup menguat 11.917 Poin. Namun ada argumentasi lain yang menyatakan jika Asing keluar dikarenakan Market dunia yang sedang tidak stabil. Memang beberapa waktu lalu kuat sekali berita jika AS melakukan aksi perang dagang dengan beberapa negara. mereka menaikan tarif import untuk produk tertentu. Ini bisa juga membuat para investor untuk bergegas mengamankan keuntungan investasi mereka.




Karena banyak rumor jika keadaan ekonomi akan kembali seperti pada tahun 1998 – 1999 dimana keadaan krisis moneter berlangsung. Namun saya sebagai praktisi saham menentang keras rumor tersebut. Jika benar maka nilai tukar rupiah akan bergerak menuju ke Rp 20.000 setiap $1 nya.

Nah Kalian pasti bertanya – tanya juga , Asing Net Sell namun IHSG bisa kembali menempati posisi 6000 saat ini ? siapa sebenarnya yang melakukan transaksi Buy di saham – saham yang ada ?

Pertanyaan tersebut banyak di tanyakan oleh kawan – kawan investor yang ada di group kami . dengan di bantu oleh teman saya dengan id telegram @fatinvestor

mungkin semua pertanyaan itu bisa di jawab statemen di bawah ini .

Asing Net Sell namun indeks IHSG bisa rebound menuju harga 6000 lagi. Disini menjadi banyak pertanyaan siap sebenarnya penggerak saham – saham LQ45 yang ada di bursa? apakah bergerak secara mandiri ingin menaikan harga ? ups bukan .

Dari data yang saya dapatkan oleh om fat @fatinvestor

Ini merupakan event dimana banyak fund manager atau manager investasi yang mengelola reksadana untuk membuat kinerja reksadana mereka baik. kenapa ? kalian perhatikan saja dari awal tahun kinerja reksadana saham pasti akan tergerus akibat Koreksi IHSG beberapa waktu lalu.




kenapa mereka melakukan Perbaikan kinerja Reksadana sahamnya ?. Tentu satu alasannya , yaitu untuk mendapatkan nasabah baru saat ahir tahun nanti. Karena setiap ahir tahun akan ada penyajian laporan return of reksadana di tiap – tiap produk reksadana. Mengingat resiko reksadana yang kecil dari Saham.

jadi banyak big fund manager yang memiliki dana besar sedang melakukan aksi beli dan jual dalam jangka waktu dekat. mereka kebanyakan mengincar saham – saham yang valuasi harganya belum terlalu mahal. Mungkin ini bisa menjadi jawaban untuk kawan – kawan semua, Dan berikut adalah foregin flow di IHSG sampai hari ini .

https://screenshoot.s3.amazonaws.com/JKNTLIT5WU_1533895199611.png

Dari data di atas Foregin Flow masih Net Sell .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.