Selamat pagi semua nya , Sebelum kita mulai mengenai analisa saham TRUK yang baru ipo kemarin . Saya akan membahas sedikit tentang saham yang IPO. Sebenarnya saham IPO jika mereka memiliki prospek bagus maka harga sahamnya pasti akan naik secara sehat & tidak ada aksi goreng – goreng saham. Namun jika Prospek bisnis saham tersebut dinilai masih belum menarik dan berprospek tinggi biasanya harga saham akan turun kembali ke harga mendekati IPO. Namun satu pesan dari saya . Pertimbangkan bisnis perusahaan tersebut dan keadaan finansial perusahaan tersbut jangan sampai kita salah pilih saham untuk di investasikan dalam jangka panjang.

Membahas mengenai Saham TRUK , Saya menilai bisnisnya ini ada peluang yang menjanjikan di tahun – tahun kedepan. Karena indonesia terdiri dari kepulauan dan kota – kota yang tidak bisa di jangkau dengan transportasi laut ataupun Udara. karena itulah ekspedisi memiliki peluang yang sangat besar. Salah satunya emitmen TRUK atau PT Guna Timur Raya Tbk. Sebelum jauh dibahas seperti biasa saya akan mengajak berkenalan dengan emitmen ini .




 

Profil perusahaan PT Guna Timur Raya Tbk.

PT Guna Timur Raya atau bisa dikenal sebagai TRUK di dirikan dan dimiliki oleh Budi Gunawan. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1980 di bulan Agustus. PT Guna Timur Raya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi barang non kimia dan barang kimia. PT Guna Timur Sendiri sekarang memiliki kurang lebih 100 armada untuk menjalankan unit usahanya tersebut. Dengan Customer terbesarnya adalah PT Tigaroda Tbk PT KIA PT Pioneer dan PT Indomarco Adi Prima. dengan komposisi kepemilikan saham PT Guna Makmur Raya sebesar 64,15% lalu Budi Gunawan 1,23% Carolina Kusuma 0,14% dan sisanya adalah publik sebesar 34.48 %. lalu demi perkembangan bisnis nya yang lebih baik PT Guna Timur Raya sendiri di kendalikan langsung oleh Budi Gunawan sebagai presiden direktur dengan dibantu oleh Memen Adiwijaya  dan Kusumah sebagai direktur. Untuk info lengkapnya bisa di cek di http://gunatimurraya.com.

 

Setelah membahas Profil perusahaan tersebut, Kami akan mencoba melakukan Analisa bisnis dari Emitmen ini.

Ekspedisi Semakin Dibutuhkan

Ekpedisi darat semakin di butuhkan oleh para pelaku bisnis. terutama produsen makanan dan yang lainnya. Ekspedisi sendiri menjadi salah satu alternatif untuk pebisnis menyalurkan produknya ke tangan konsumen. kenapa kok lebih milih menggunakan Ekspedisi dari pada yang lainnya ? . Secara di indonesia adalah negara kepulauan tidak semua kota bisa di singgahi oleh Kapal ataupun pesawat. Lihat saja barang yang turun dari kapal atau pesawat untuk sampai ke tempat tujuan masih harus menggunakan jasa ekspedisi lagi. Dari situ saja bisa di nilai memang ekspedisi sangat menguntungkan di dewas ini . Apalagi sekarang perusahaan sudah mulai melebarkan bisnis nya di wilayah perbatasan untuk menjual produknya. Namun itu semua memang sangat menguntungkan perusahaan , Disisi lain ada peran marketing yang sangat dibutuhkan. Kenapa karena jika perusahaan ekspedisi hanya mengandalkan digital marketing tanpa ada real marketing maka bisa – bisa bisnisnya tidak akan berjalan. maka dari itu peran marketing sendiri disini sebagai jembatan untuk mendapatkan customer baru juga . kecuali mereka membuka usaha seperti J&E , Pos Indonesia ataupun sejenisnya . Mereka tidak membutuhkan marekting karena hanya tinggal bekerja sama dengan gerai – gerai E-comerce di indonesia sudah bisa berjalan bisnisnya.




Nah dari argumen kecil di atas kita bisa menilai , walaupun prospek bisnisnya baik namun efektifitas marketinya kurang maka prospek bisnis yang ada bisa jadi tidak akan mempengarui perusahaan. Saham halnya dengan TRUK jika mereka tidak memberikan target kepada marketingnya maka bisa jadi bisnis merka akan jalan di tempat. Jadi dari analisa bisnis kami , Untuk saham TRUK kita masih wajib WNS.

 

Keuangan Perseroan Sehat atau tidak

Dilihat dari Finansial report yang dipakai untuk IPO memang perusahaan memiliki kinerja pendapatan yang bagus. dari 2015 – 2017 terlihat terus mencatatkan kenaikan pendapatannya. Namun dari PBVnya saham ini sudah terlalu mahal dari harga bukunya . dimana Sekarang harga saham TRUK sudah 7 kalilipat dari harga modal di setor penuh oleh perseroan. namun berhubung baru IPO kami belum bisa menyarankan untuk membeli saham ini . Namun jika dilihat dari kinerja perusahaan bisa dikatakan layak untuk di investasikan.

Lantas Beli Atau Jangan

Mengingat data yang kami dapatkan , Kami masih memberikan predikat A- untuk saham ini . Kenapa karena kami masih menunggu LK selanjutnya untuk menentukan rekomendasi dari kami. Namun kami bisa memberikan rekomendasi untuk saham ini adalah : Buy If Correction , Dont Buy Event Overbougt

Semoga ini bisa menjadi referensi ya . jangan lupa Subscribe channel telegram kami ya untuk info lebih lanjut



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.