Analisa saham , Ini adalah salah satu kegiatan yang paling sulit untuk teman – teman trader. banyak yang bilang ini rumit sekali dan saya tidak paham. Mulai sekarang Hilangkan statmen tersebut, Bodoh jika kalian masih memiliki statmen tersebut. Dengan Teman Saham saya rasa kalian bisa mempelajarinya dengan mudah . Bahkan Teman saham akan membantu untuk melakukan pembahasannya.

 

Nah sebelum mengawali pembahasan mengenai Analisa Saham untuk jangka pendek . saya akan memberikan sedikit pengalaman tentang perjalanan saham saya. Saya sendiri baru gabung di pasar modal indonesia tahun 2017 tepatnya bulan september. Awal saya memang tidak paham tentang analisa saham maupun analisa fundamental saham. berbulan Рbulan rugi saya . Modal awal tergerus, saya pun mulai berfikir ulang karena ini seperti money game yang ahir  Рahirnya bisa membuat kita rugi. saya sampai stop untuk bertransaksi saham , untuk berfikir sejenak bagaimana mengikuti kisah sukses para tetuah yang memiliki pengalaman di dunia saham ?. Awal saya belajar adalah mencari ilmu di dunia internet , Bergabung ke dunia telegram . Namun semua ilmu disana banyak yang berbayar , tidak ada yang mau sharing secara gratis atau tanpa imbal balik. Secara saya belajar Рbelajar cari materi di internet . dan hasilnya adalah sampai sekarang saya sudah menemukan formula yang tepat untuk bertrading. Maka dari itu untuk kawan Рkawan jangan abaikan salah satu kewajiban ini ya . karena penting sekali.

 

Lanjut ke pembahasan mengenai analisa jangka pendek pada saham. Sebenarnya ada banyak analisa saham yang bisa kita lakukan dari metode A – Z ada semua . tinggal kita sendiri bagaimana untuk melakukannya dan menjadikan tools tersebut sebagai senjata kita di IDX Market. Teman Saham disini akan membahas beberapa indikator unggulan yang sering di gunakan oleh para Traders. Namun terkadang indikator ini banyak yang meleset alias kurang akurat untuk digunakan sebagai patokan. Kita masih harus menggabungkan beberapa analisa teknikal untuk meyakinkan akan sinyal yang dibuat.

Namun Teman saham akan memberikan beberapa jenis indikator yang digunakan untuk analisa saham yang sangat banyak digunakan . yaitu

 

A. Stohastic Oscillator

Stohastic pertama kali di temukan oleh George C. Lane, President of Invesment Educators, Inc. Kegunaan utama indikator ini antara lain untuk mendeteksi kondisi Jenuh Beli (Overbought) dan Jenuh Jual (Oversold). lalu sinyal ini cocoknya untuk di gunakan menentukan timing buy dan sell ( Kurang akurat harus di kawinkan dengan indikator lain )

 

B. Moving Average

Moving average sendiri merupakan sebuah indikator yang digunakan untuk menentukan trend pada suatu saham. Moving Average juga bisa di gunakan untuk menentukan titik sinyal Buy dan Sell , Namun saya pribadi lebih suka menggunakan moving average untuk menentukan trend harga , Apakah waktunya Downtrend atau Uptrend.

 

C. Bollinger Band

Bollinger Bands dibuat oleh pakar Analisa Teknikal bernama John Bollinger pada tahun 1980-an. Indikator ini merupakan derivat dari Moving Averages yang dikembangkan menjadi 2 (dua) garis, yaitu Garis Atas (atau disebut Upper Band), dan Garis Bawah (atau disebut Lower Band). Kedua garis ini membatasi pergerakan saham, dengan lebih dari 90% berada di dalamnya. sejatinya Bollinger band ini digunakan untuk mengetahui Overbought dan Oversold pada saham , selain itu signal Buy & Sell bisa dilihat juga menggunakan indikator ini.

 

D. Fibonaci Retretmen

Fibonaci indikator bantuan untuk trader menentukan peluang titik support dan resisten. Indikator ini banyak digunakan oleh trader jangka pendek untuk menentukan arah gerak saham yang difavoritkan . untuk lebih detailnya kita bahas pada sesi berikutnya

 

E. RSI ( Relative Strenght Indeks )

Indikator RSI adalah sebuah indikator yang digunakan untuk melihat kekuatan harga ( menurut sumber yang saya baca.). RSI sendiri sebenarnya memeiliki tujuan sama seperti indikator yang lain , yaitu untuk mencari sinyal Sell dan Buy. Akan saya bahas pada sesi berikutnya

 

F. MACD ( Moving Average Confergence Divergence )

MACD sendiri sebenarnya hampir sama dengan Moving Average , yang digunakan untuk menentukan trend suatu saham, Namun saya raya MACD ini wajib kita pelajari untuk di kawinkan dengan MA agar sinyal yang di bentuk bisa terkonfirmasi dengan benar.

 

Nah mungkin beberapa indikator rekomendasi saya untuk trading jangka pendek itu saja. Sebenarnya masih banyak sekali Indikator pada tools analisa saham, namun saya rasa jika kalian bisa menggunakan indikator tersebut dengan bijak dan baik pasti bisa menghasilkan cuan yang banyak. Kita sambung pada sesi berikutnya ya , Semoga libur lebaran ini bisa digunakan untuk belajar . Jangan lupa Gabung di Channel Teman Saham atau Publik Group teman saham yah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.