Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai Analisa saham teknikal. Apakah kalian sudah mengetahui jika dalam indikator yang ada di software analisa tersebut bisa di kelompokan menjadi 2 kelompok ? kalau belum, mari kita bahas . Sebenarnya di dunia saham sendiri memiliki 2 jenis kelompok yaitu Lagging dan leading. Leading adalah sebuah kelompok indikator yang memberikan sinyal buy/Sell sebelum trendnya. lalu untuk lagging adalah kelompok indikator yang lamban dalam memberikan sinyal untuk buy & sell.

nah dalam indikator yang ada kita bisa mengelompokan beberaa indikator unggulan kedalam lagging ataupun leaading ini . Saya pribadi lebih suka untuk mengawinkan kedua indikator ini untuk memastikan sinyal yang ada. karena jika kita hanya fokus pada salah satu sinyal maka bisa – bisa kita salah membaca dan bertindak. Sehingga yang tadinya ingin untung malah kita merugi.




Beberapa contoh indikator yang masuk kedalam kategortu leading ( Indikator yang memberikan sinyal bullish atau bearish lebih awal ) :

  1. Stohastic
  2. Parabolic SAR
  3. Relatif Strenght index ( RSI )
  4. Comodity Channel Index
  5. Momentum
  6. Volume
  7. Williams% R

Nah itu adalah beberapa indikator yang masuk kedalam kelompok leading, lalu untuk kelompok Laging apa saja ?:

  1. MACD
  2. Moving Average ( Keluarganya )

 

Nah itu tadi adalah beberapa contoh indikator yang masuk kedalam kelompok Lagging & leading. Ingat ya Lagging adalah kelompok indikator yang memberikan sinyal setelah trend lalu Leading adalah indikator yang memberikan sinyal Sebelum trend.

 

yuk jangan lupa gabung di group dan channel nya Teman Saham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.