Iklan
Home Blog Investasi di Saham KLBF , Bagaimana Prospeknya ?

Investasi di Saham KLBF , Bagaimana Prospeknya ?

0
298
Iklan

Hai sobat teman saham , pasti kalian penasaran dong bagaimana investasi pada saham KLBF ini ?. Yupss salah satu perusahaan obat terkenal di indonesia ini sudah banyak di kenal oleh masyarakat luas. Kode emiten pada bursa adalah KLBF atau yang lebih kita kenal adalah PT Kalbe Farma Tbk .

PT Kalbe Farma Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi obat – obatan dan kebutuhan lainnya . Mereka memiliki perusahaan di Kawasan Industri Delta Sillicon 1 milik Lippo Cikarang. Dimana perlaporan keuangan interim non-audited KLBF mengalami peningkatan profit penjualan. Ingat nasihat dari Warent Buffet dimana jika kita ingin berinvestasi maka kenali lah produk mereka dan perusahaan mereka.

PT Kalbe Farma Tbk sendiri memiliki banyak anak usaha untuk menopang usaha di Indonesia. Dari data laporan keuangan Anak usaha PT Kalbe Farma tbk meliputi :

  • PT Milenia Darma Insani
  • PT Enseval Medika Prima
  • PT Global Chemindo Megatrading
  • PT Global Karsa Medika
  • PT Renalmed Tiara Utama
  • Kalbe Vision Pte.Ltd = Singapore
  • Asiawide Kalbe Philippines, Inc. = Philippines
  • Kalbe International Pte , Ltd = Singapore
  • PT Karsa Lintas Buana
  • Kalbe Malaysia Sdn , Bhd. = Malaysia
  • PT Medika Renal Citra Prima
  • PT Medika Komunika Teknologi
  • PT Cakra Radha Mustika
  • PT Karya Hasta Dinamika
  • Kalbe Global Pte, Ltd = Induk Holding Kalbe Group

Dilihat dari keadaan bisnis Kalbe yang di lalui , mereka berbisnis di sektor medis dimana peluang bisnis dalam sektor ini masih bakal melesat hingga tahun – tahun kedepan. Analis Mega Capital Securities memberikan rating HOLD terhadap saham ini . Dan kami pun mengumpulkan data dari Fundamental , Mikro Ekonomi dan memperkirakan kebutuhan farmasi di indonesia.

Di indonesia sendiri 90% kebutuhan obat – obatan sudah mulai terpenuhi oleh industri dalam negeri sendiri . Dan Sekarang industri Farmasi indonesia mulai di perhitungkan di luar sana . Dimana banyak perusahaan farmasi yang mulai melakukan ekspor produknya ke luar negeri.

Lalu bagaimana nasibnya KLBF dimana banyak sekali saingan di dalam dunia farmasi seperto PT Kimia Farma Tbk , PT Sanbe Farma , Dexa Medica , PT Pharos Indonesia , PT Tempo Scan Pasific Tbk ( TSPC) , dan lain – lainnya. Memang bisnis Farmasi di indonesia sangat menjanjikan. Dimana kebutuhan farmasi di indonesia sangat tinggi sekali.




Apa saja dasar yang menjadikan bisnis farmasi di indonesia masih semakin berkembang pesat?. belakangan ini pemerintah Indonesia sedang memberikan layanan jaminan kesehatan BPJS , JKN , Dan Asuransi Kesehatan Swasta . Jika ditinjau dengan adanya layanan kesehatan seperti itu , maka akan mendongkrak masyarakat yang tadinya belum terpenuhi kebutuhan farmasinya berangsur – angsur akan terpenuhi . Dan kenapa kami menyarankan untuk berinvestasi di saham KLBF ? , Lets see PT Kalbe Farma Tbk memiliki anak perusahaan yang bernama PT Kalbio Global Medika yang factorynya berlokasi satu kawasan dengan Kalbe Farma Cikarang .

PT Kalbe Farma Tbk memiliki anak usaha di bidang produsen bioteknologi yang dimana produk tersebut dibutuhkan oleh orang banyak. Kalbio sendiri akan memproduksi 10 jenis molekul yang diperkirakan dalam 10 tahun kedepan akan berpeluang besar. Dimana dalam tahun ini Kalbio baru akan memproduksi 2 jenis molekul yaitu erythropoetin atau pemicu sel darah merah yang biasanya dibutuhkan oleh pasien anemia. Setelah itu, disusul produk GCSF atau sel pembentuk sel darah putih.

Ditambah dari riset Global Data Plc London, ,mereka menyebutkan jika pasar farmasi di indonesia masih akan berkembang pesat sampai tahun 2021. Dimana yang mendorong berkembangnya bisnis farmasi adalah paket kebijakan ekonomi dari paket kebijakan presiden Jokowi . Dimana pada tahun 2021 di perkirakan akan menjadi pasar farmasi Asean terbesar .

So maka dari itu kami melihat peluang PT Kalbe Farma sendiri masih sangat cerah . Ingat jika kalian tidak ingin membeli produknya maka belilah sahamnya saja untuk investasi.

Lalu Bagaimana Fundamental saham KLBF ini ? . Kami melihat perusahaan ini masih sangat bagus dimana Anak usahanya PT Kalbio Global Medika sudah mulai produksi pada tahun ini .

Sumber : LK KLBF Q3 2018 IDX

Jika dilihat dari Assetnya Cashflow perusahaan ini masih sangat bagus dimana mereka mengalami peningkatan yang sangat signifika dibanding Q3 pada tahun 2017. Penjualan meningkat dibanding Q3 tahun sebelumnya dan Dana hasil produksi pun meningkat signifikan . Dengan begini artinya penjualan dari kebutuhan obat – obatan masyarakat meningkat , Sehingga menimbulkan pendapatan yang meningkat pula pada perusahaan ini .




Jika kalian seorang fundamentalis maka dengan melihat Makro ekonomi yang cakep maka kalian bisa memilih mana perusahaan yang akan kalian jadikan instrumen investasi. Oh iya dalam artikel ini saya tidak terikat dengan perusahaan atau sebagainya untuk memposting mengenai review perusahaan ini . Ini murni dari saya pribadi dan pilihan saya & kemauan saya untuk berbagi terhadap kalian.

Lanjut ke bagian kedua dalam analisa Fundamental

Dan jika dilihat dari Ekuitas & Labilitasnya Perusahaan ini tergolong dalam perusahaan Sehat Walafiat. Kenapa ? Perusahaan yang Labilitasnya lebih kecil dari Ekuitas nya maka perusahaan tersebut masuk kedalam golongan perusahaan sehat, kenapa ? . Sesuai dengan pengetahuan kami jika perusahana memiliki ekuitas lebih besar daripada labilitas maka perusahaan tersebut dinilai masih mampu melunasi seluruh hutang – hutang yang dia miliki. Dan disinilah resiko yang menurut kami tidak sangat besar untuk di investasikan.

Setelah Ekuitas & Labilitas kami akan bergeser menuju Laba bersih perseroan dan Laba dasar per saham. Dilihat dari penjualan perusahaan ini mengalami peningkatan dari penjualan tahun kemarin pada kuartal yang sama. Dan laba Dasar persaham yang ada pun semakin meningkat.

Jadi kesimpulannya dalam aspek fundamental perusahaan ini mengalami peningkatan penjualan dan peningkatan eps yang bagus. Dan dari market Outlook yang bagus bisa membantu peningkatan profit perusahaan ini . Nah setelah kalian paham mengenai Financial perusahaan ini bagus lalu kapan kalian masuk ? . Pertama pahami dulu IR ( Investor Report ) . Dimana letaknya ? kalian bisa lihat di aplikasi OLT ( Online Trading ) sekuritas masing – masing biasanya dia akan memberikan informasi mengenai EPS dan lain – lain. Setelah itu kalian Cek ROE apakah besar dan yang pasti kalian wajib menghitungnya sendiri untuk meyakinkan analisa kalian.

Jika semua dirasa sudah oke maka silahkan padukan analisa Teknikal untuk membantu kalian dalam menentukan Timing Masuk di harga yang tepat.

So untuk saham ini kami memberikan Rating INVESTASI | BUY dimana kami memperkirakan harga saham ini bisa menuju ke Rp 2000 / lembarnya. Dan aman untuk disimpan dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun kedepan. Namun dikarenakan investasi saham adalah investasi yang memiliki resiko besar maka kalian wajib untuk berhati – hati dan selalu membaca perkembangan ekonomi di indonesia.

Disclaimer :

Kami tidak bertanggung jawab terhadap kerugian dan keuntungan anda dalam berinvestasi di pasar saham ini . Dan kami mohon maaf apa bila ada salah kata & perbuatan . Inquiry bisa ke info@temansaham.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Maaf Conten di Lindungi UU