Beberapa hari kemarin ada satu emiten baru yang bergerak di bidang Logistik yaitu PT Armada Berjaya Tbk . PT Armada Berjaya TBk menjadi salah satu emiten pertama yang IPO di tahun 2019 ini. Setelah tahun 2018 kemarin emiten dengan sektor yang sama juga melaksanakan IPO .

Sepengetahuan kami di bursa saham ada 2 perusahaan transportasi logistik yaitu PT Armada Berjaya Tbk & PT Guna Timur Raya Tbk ( TRUK ) . Keduanya melakoni bisnis yang sama yaitu jasa transportasi pengiriman barang untuk perusahaan – perusahaan. Pada debut IPO kali ini harga saham JAYA dipatok di angka 288/lembarnya. Di bantu oleh Broker PT UOB Kay Hyan Sekuritas. Di indonesia sendiri setahu kami untuk pemain – pemain jasa transportasi logistik sudah banyak. Dari yang kami kenal , adalah PT DUNIA EXPRESS , PT Yusen Logistik , PT Nissin Transport , PT Puninar Logistik , dan masih banyak lagi.

Memang bisnis transportasi logistik banyak di butuhkan oleh berbagai instansi perusahaan. Dimana mengirimkan barang dari Perusahaan menuju Pelabuhan begitu sebaliknya. Mobilitas penggunaan jasa transportasi yang tinggi menjadikan banyak bermunculan perusahaan – perusahaan logistik. Jika melihat trend 2019 ini nanti dimana banyak bermunculan perusahaan – perusahaan baru . Bisa menjadi pendukung perkembangan logistik tersebut.

Lalu Bagaimana profil PT Armada Berjaya tbk ini ? . PT Armada Berjaya Trans sebelumnya bernama PT Armada Beton . Mereka dahulunya adalah perusahaan Mixer Semen pada tahun 2012 lalu. Namun kami tidak menemukan alasan pasti kenapa perusahaan tersebut berubah menjadi perusahaan layanan logistik. Mungkin dahulu pembangunan di indonesia dan sudah banyaknya perusahaan semen menjadikan pemilik perusahaan mengalihkan haluannya ke bisnis layanan logistik ini . Pada tahun 2018 PT Armada Beton berganti nama menjadi PT Armada Berjaya Trans Tbk. Dan Listing di 2019 ini.




PT Armada Berjaya Trans Tbk melakukan IPO dengan dasar Finansial report Kuartal 3 tahun 2018. Tujuan IPO tahun ini sebenarnya sangat baik sekali . Yaitu melakukan Penambahan sebanyak 61 unit Armada baru & Pembuatan karoseri unit tersebut. jika memang 61 unit tersebut bisa datang dan digunakan dalam ahir – ahir tahun ini. Rencana dan Target perseroan untuk mendapatkan target laba 300% pun semakin terbuka lebar.

Kami menilai dari segi Fundamental Kuartal 3 tahun 2018 . Kinerja keuangan PT Armada Berjaya Trans Tbk lebih baik daripada PT Guna Timur Raya Tbk. Jika kami banding kan kedua perusahaan tersebut, PT Armada Berjaya TBK masih mengungguli saham TRUK. Dimana jika kita lihat ROE pada saham JAYA berada di 7,00% dan TRUK berada di 0,00% . ya berhubung kedua perusahaan ini baru melaksanakan IPO . Kami belum bisa melakukan perbandingan fundamental yang berlebih.

Setelah IPO mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah Gorengan IPO. Yaps karena Saham JAYA dan JAYA-W setelah IPO terus melejit . Bahkan Warran saham JAYA menguat sampai 30.000% [ Source CNBC ]keteika pertama kali IPO . Namun adakalanya walaupun kalian sudah memiliki saham ini sejak pertama kali IPO bisa mempertimbangkan aspek – aspek investasi. Walaupun memang di sektor logistik ini masih berpeluang menghasilkan pundi – pundi cuan. Asalkan teman – teman tau di daerah jawa sudah ada beberapa kawasan industri yang banyak di huni oleh perusahaan – perusahaan besar. Beberapa di antara kawasan tersebut adalah :

  • Kawasan Industri Delta Sillicon ( Milik Lippo )
  • Kawan Industri EJIP ( East Jakarta Industrial Park )
  • Kawasan Industri Jababeka ( KIJA )
  • Kawasan Industri Deltamas ( DMAS )
  • Kawasan Industri Pulogadung
  • Kawasan Industri Berikat Nusantara
  • Kawasan Industri Sentul
  • Kawasan Industri Cilegon
  • Kawasan Industri KIIC
  • Kawasan Industri SuryaCipta

Semoga dengan terbitnya artikel ini teman – teman bisa lebih lihay untuk memilih saham yang ingin di investasikan. Download Prospektus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.